Digitalisasi Proses Penjualan Perhutani dengan Aplikasi POTP All Product

Perum Perhutani meluncurkan e-commerce Penjualan Online Toko Perhutani (POTP) All Product, yaitu aplikasi untuk mengelola semua produk dan jenis penjualan yang ada di Perhutani.

Muhamad Denny Ermansyah, Direktur SDM, Umum & IT Perhutani, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pengembangan POTP All product merupakan salah satu inisiatif strategis penguatan customer centricity yang telah dicanangkan Kementerian BUMN tahun 2021.

Pihaknya menyatakan, aplikasi ini dikembangkan menggunakan metode user centered design berdasarkan informasi mengenai profil personalifikasi pengguna yang mampu meningkatkan visibilitas, aksesibilitas dan efektivitas pengguna dalam bertransaksi di dalamnya, sehingga segala proses penjualan produk Perhutani dapat lebih transparan dan proses yang berjalan menjadi lebih efisien dan efektif.

Denny menerangkan bahwa ke depan semakin banyak aktivitas perdagangan yang menggunakan platform digital dengan cara-cara baru untuk mengirimkan produk sehingga jenis layanan baru akan selalu bermunculan, Perum Perhutani harus mampu merespons perubahan tersebut melalui digitalisasi proses pemasaran untuk mencapai customer experience agar mampu meningkatkan customer satisfaction.

“Kepada Ibu, Bapak para agen dan pelanggan , POTP All Product ini akan digunakan sebagai platform penjualan utama Perum Perhutani sehingga mulai hari ini semua proses transaksi produk-produk Perhutani sudah dapat digunakan pada aplikasi POTP All Product,” ujar Denny.

Ia juga menambahkan bahwa POTP All Product dikembangkan dalam 5 fase. Fase pertama adalah pengembangan new user interface dan modul penjualan GTD, Fase kedua pengembangan modul penjualan retail dan simple inventory, Fase ketiga pengembangan modul pemesanan & booking tiket wisata, Fase keempat pengembangan POTP Mobile Android. Fase kelima pengembangan modul pemesanan kayu log dan industri kayu.

“Maka bersama ini saya minta komitmen seluruh jajaran Perhutani, baik BoD, Kadivre, Kadiv Kantor Pusat beserta seluruh jajaran dilapangan untuk fokus dan mengerahkan seluruh sumber daya yang dimiliki tentunya untuk menyukseskan POTP All Product ini,” tuturnya.

Ahmad Ibrahim, Direktur Komersial, menambahkan, POTP All Product dikembangkan untuk mengakomodasi proses penjualan B2B dan B2C secara realtime dalam satu platform, supaya segala proses penjualan produk Perhutani dapat lebih transparan dan proses yang berjalan di dalamnya menjadi lebih efisien dan efektif.

Ibrahim mengatakan bahwa POTP All Product memiliki empat kelebihan. Pertama, proses yang lebih efisien dan efektif. Kedua, clean governance. Ketiga, memudahkan dalam pelayanan penjualan. Keempat, digitalisasi proses pada perkembangan ekonomi digital.

“Dengan POTP All product diharapkan mampu mengubah dan meningkatkan pelayanan Perum Perhutani kepada pada pelanggannya. Oleh karena itu, diperlukan komitmen seluruh jajaran Perum PerhutanI khususnya divisi komersial untuk mampu memberikan pelayanan customer focus terbaik bagi pelanggan melalui POTP All Product,” ujar Ibrahim.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)