Digitarasa Membina Pelaku Bisnis UMKM Kuliner

Konferensi Pers Peluncuran Digitarasa, Senin (24/02/2020)

Kini ada akselerator yang khusus membina para pelaku bisnis kuliner terutama UMKM melalui bootcamp, business matchmaking, hingga festival bernama Digitarasa. Akselerator ini hasil kolaborasi Go Food bersama Digitaraya untuk program akselerasi UMKM kuliner di Indonesia.

Arnold Poernomo atau yang lebih dikenal dengan Chef Arnold didaulat menjadi CEO sekaligus salah satu mentor Digitarasa. Ia mengatakan, Digitarasa akan melatih para pelaku UMKM kuliner untuk mengembangkan bisnis mereka. “Kami akan mematangkan marketing, data dan produk mereka agar lebih bisa bersaing di industri kuliner,” jelasnya.

Chief Food Officer Grup Gojek, Catherine Hindra Sutjahyo, mengatakan, 90% merchant GoFood adalah UMKM. Sehingga ada potensi besar untuk membantu para merchant sesuai dengan DNA GoFood sendiri yakni mendorong UMKM kuliner.

Data Badan Ekonomi Kreatif dan Badan Pusat Statistik tahun 2016 menunjukkan kontribusi sektor kuliner terhadap unit usaha ekonomi kreatif telah mencapai 41,69% tahun 2016. Perusahaan modal ventura juga semakin melirik industri kuliner. Mengacu pada fakta tersebut, bisnis kuliner yang ditopang dengan inovasi teknologi dan wawasan bisnis lebih luas akan tumbuh lebih besar.

Tantangan yang dihadapi pengusaha kuliner di Indonesia, disampaikan Arnold yaitu terjebak dalam model bisnis konvensional dan sulit menemukan target market yang sesuai, terbatasnya pengetahuan dalam mengembangkan operasional bisnis, dan sulit menemukan partner yang tepat untuk berkembang.

Setiap batch akan memiliki 4 fase program yakni pendaftaran, seleksi startup, kickoff dan bootcamp, serta festival. Antusias program Digitarasa ditunjukkan dengan lebih dari 500 UMKM kuliner sebelum pendaftaran resmi dibuka.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Tags:
Gofood GoJek

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)