TokoCabang Rebranding Menjadi Dilayani Tokopedia

Dilayani Tokopedia

Layanan pemenuhan pesanan (fulfillment) Tokopedia, yang sebelumnya bernama TokoCabang, kini resmi bertransformasi menjadi Dilayani Tokopedia. Layanan tersebut memungkinkan penjual menitipkan produk di ‘gudang pintar’ pada wilayah dengan permintaan tinggi.

Dilayani Tokopedia sepenuhnya membantu penjual dari segi operasional bisnis, mulai dari penerimaan, pengemasan, pengiriman pesanan hingga penanganan jika ada kendala transaksi.

AVP of Fulfillment Tokopedia Erwin Dwi Saputra mengatakan, layanan ini bertujuan menjawab tantangan logistik antar pulau di Indonesia terutama dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Fitur ini juga merupakan upaya pihaknya untuk bisa membantu penjual memaksimalkan penjualan sekaligus mendorong pemulihan ekonomi secara nasional.

"Perubahan nama TokoCabang menjadi Dilayani Tokopedia merupakan bentuk evolusi dari pelayanan kami agar selalu lebih baik untuk pembeli maupun penjual. Dengan perubahan nama ini juga mudah-mudahan bisa lebih dipahami oleh pembeli, dan lebih banyak lagi pengalaman berbelanja yang mereka rasakan karena prioritas, cepat, dan aman,” ujarnya dalam peluncuran resmi Dilayani Tokopedia, Jumat (18/03/2022).

Pemanfaatan gudang pintar Dilayani Tokopedia dinilai membantu mendongkrak penjualan. Data internal Tokopedia menunjukkan bahwa penjual yang memanfaatkan layanan ini sukses mengalami peningkatan rata-rata transaksi sebesar hampir dua kali lipat dibanding sebelum menggunakannya.

Sementara itu secara keseluruhan, ada lonjakan transaksi layanan fulfillment Tokopedia hampir empat kali dibanding tahun sebelumnya, serta pesanan diproses 14 jam lebih cepat dibandingkan sebelum menggunakan layanan tersebut.

Saat ini, gudang pintar Dilayani Tokopedia tersebar di Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, Palembang dan akan terus bertambah di kota lainnya. “Di 2021, wilayah Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Medan, Semarang dan Yogyakarta menjadi daerah dengan transaksi tertinggi dalam menggunakan layanan gudang pintar kami,” tambahnya.

Baca juga: Mitra GoJek dan Tokopedia, Ini Cara Peroleh Saham GoTo

Untuk saat ini layanan DIlayani Tokopedia dibuka untuk Seller dengan minimum reputasi Gold 1 atau merupakan Official Stores. Penjual cukup melakukan pendaftaran di situs Tokopedia, dan akan dihubungi oleh Tim Dilayani Tokopedia apabila tokonya memenuhi persyaratan.

Produk yang diikutkan dalam layanan ini akan dikelola oleh tim Dilayani Tokopedia, termasuk: penerimaan pesanan, pembalasan chat dan diskusi produk, pengemasan produk, dan pengiriman produk ke agen logistik.

Adapun produk yang tidak bisa mengikuti layanan ini di antaranya produk yang dilarang diperdagangkan di Tokopedia; produk yang tidak diperbolehkan masuk ke gudang, produk yang melanggar peraturan pemerintah dan tidak sesuai dengan ketentuan perizinan yang berlaku sesuai jenis produk (BPOM, PIRT, SNI, dll); makanan dan minuman segar; produk yang sudah kadaluarsa; produk yang memiliki batas kedaluwarsa di bawah 6 bulan; serta produk dengan dimensi melebih 40cm x 28cm x 28cm atau berat lebih dari 23 kg.

Erwin pun menjamin semua barang yang dititipkan oleh penjual dalam kondisi baik dan aman hingga tangan konsumen. Pasalnya, Tokopedia telah bekerja sama dengan beberapa mitra yang telah berpengalaman dalam mengelola jasa fulfillment.

"Sebagai negara kepulauan, kami ingin memberikan pengalaman berbelanja yang merata bagi seluruh masyarakat Indonesia. Adanya layanan ini diharapkan bisa menjawab tantangan logistik antar pulau dan bisa menjangkau masyarakat di seluruh penjuru Indonesia dengan lebih baik," harap Erwin.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)