Disney Perkuat Sektor Kreatif di Kawasan Asia Pasifik

Disney

The Walt Disney Company Asia Pacific meluncurkan The Creative Experience, sebuah program pertukaran yang menghubungkan para storyteller ternama dari wilayah Asia Pasifik dengan jajaran eksekutif dan kreatif studio-studio Disney.

Program ini bertujuan untuk membagikan pengalaman storytelling kelas dunia The Walt Disney Company selama hampir 100 tahun kepada para kreator konten di seluruh wilayah Asia Pasifik. The Creative Experience akan memberikan akses kepada sekelompok peserta terpilih sehingga mereka dapat terhubung dengan figur-figur kreatif yang paling berpengaruh di Disney.

Akses tersebut memungkinkan peserta mengikuti serangkaian live panel eksklusif, di mana mereka diberi wawasan berharga tentang proses kreatif yang dilakukan di Marvel Studios, Walt Disney Animation Studios, Disney Live Action, 20th Century Studios, Searchlight Pictures, Pixar, Lucasfilm, National Geographic, Disney TV Studios, FX, ABC, dan masih banyak lagi.

“Program The Creative Experience diluncurkan untuk memperkuat momentum pertumbuhan industri kreatif di wilayah Asia Pasifik. Hal ini sejalan dengan upaya industri streaming untuk terus meningkatkan standar produksi konten lokal dan keunggulan storytelling,” jelas Carol Choi, Head of APAC Original Content Strategy, The Walt Disney Company.

Ia menjelaskan, Asia Pasifik memiliki deretan kreator dan talenta yang memiliki potensi global yang besar. Untuk itu, pihaknya berharap program baru ini dapat menjadi bagian penting dari pertumbuhan industri kreatif di wilayah Asia Pasifik, serta dapat membuka pintu dunia hiburan baru bagi pelaku industri kreatif.

Live panel pertama The Creative Experience mengangkat topik tentang perkembangan konten live-action, yang disajikan melalui diskusi antara beberapa petinggi Disney yang paling high profile, seperti Sean Bailey, Presiden Disney Live ActionLiv; Matthew Greenfield, Presiden Searchlight Pictures; dan Sarah Shepard, Senior Vice President 20th Century Studios. Adapun live panel selanjutnya akan diselenggarakan pada tahun 2023.

Sebelumnya, pada Oktober lalu, para kreator peserta The Creative Experience berkesempatan mengikuti sesi diskusi eksklusif tentang pembuatan film Black Panther: Wakanda Forever” bersama sutradara dan co-writer Ryan Coogler, co-writer Joe Robert Cole, dan produser sekaligus eksekutif Marvel Studios, Nate Moore. Sesi diskusi ini dihadiri oleh 200 peserta dari seluruh penjuru Asia Pasifik, dan dimoderatori oleh redaktur senior Rotten Tomatoes, Grae Drake.

Sebagai sebuah inisiatif yang baru pertama kali diluncurkan oleh The Walt Disney Company, The Creative Experience dinilai menjadi bagian dari kelanjutan komitmen perusahaan untuk terus mempererat hubungan kolaboratif dengan komunitas kreatif di wilayah Asia Pasifik.

Pada APAC Content Showcase yang dilaksanakan tahun lalu, The Walt Disney Company mengumumkan ambisi kreatifnya dalam menghadirkan lebih dari 50 konten APAC Originals hingga tahun 2023. Sejak itu, The Walt Disney Company telah meluncurkan deretan konten-konten lokal yang terus bertambah dari Korea Selatan, Jepang, Asia Tenggara, Australia dan Selandia Baru, hingga Tiongkok Raya di platform streaming Disney+ dan Disney+ Hotstar.

Pada 30 November 2022, The Walt Disney Company akan menyelenggarakan Disney Content Showcase di Singapura, sebuah ajang di mana perusahaan akan mengumumkan daftar konten teatrikal dan streaming yang akan dirilis di tahun 2023. Daftar konten yang akan diumumkan mencakup koleksi APAC Originals yang terus bertambah untuk Disney+ dan Disney+ Hotstar, yang merupakan karya beberapa storyteller terbaik dari wilayah ini.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)