Djaring Fokus pada Penguatan Brand UKM

Djaring, start up penyedia layanan web builder di Indonesia, resmi diluncurkan hari ini (06/02/2018) di Jakarta.

Stratup yang bertujuan untuk meluaskan jangkauan dan meningkatkan penjualan UKM ini juga memiliki misi untuk membangun brand UKM, baik yang sudah masuk ke ranah online maupun offline. Nantinya Djaring akan menyediakan brand/merek untuk para UKM yang tergabung, menjual produk/ layanan mereka, dan menyediakan wadah pembayaran dan pengiriman barang (logistik).

Masuknya Djaring dalam persaingan e-commerce didasari oleh adanya data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) yang mencatat sebanyak 3,79 juta atau 8% dari total 59.2 juta usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia sudah memanfaatkan platform online dalam memasarkan produknya melalui giant e-commerce.

Selain itu, anak perusahaan PT Elven Digital Indonesia ini juga melihat adanya peluang untuk membantu UKM dalam membangun brand mereka sendiri sebagai bagian dari strategi promosi dan pemasaran. “Kami tidak hanya membantu dalam memasarkan produk mereka dan menyediakan pembayaran, tapi juga  membangun brand identity dan reputasi brand mereka melalui penggunaan web,” ujar Laksamana Mustika, Co-Founder & CEO Djaring.

Untuk membangun dan menguatkan merek,  pihaknya akan ikut terlibat dalam proses sebelum penjualan. “Kami akan terlibat dalam proses pengambilan foto, pembuatan logo, dan pembutan video agar brand yang dipasarkan terlihat lebih menarik untuk dipasarkan,” dia menambahkan.

Ke depan, Djaring akan mengembangkan model peer to peer landing untuk lebih meluaskan dan meningkatkan penjualan para UKM. “Jadi nanti jika ada investor yang ingin investasi di salah satu UKM Djaring bisa melihat bagaimana kondisi penjualannya secara real time. Selain itu, target kami tahun ini bisa menggaet 1.000 user ke dalam Djaring,”

Saat ini, Djaring bermitra dengan Midtrans dalam layanan pembayaran, di mana konsumen bisa melakukan pembayaran via bank transfer dari berbagai bank, kartu kredit, dan click pay. Lainnya, platform ini juga terintegrasi dengan beberapa layanan ekspedisi di Indonesia seperti Tiki, JNE, Si Cepat, J&T untuk mempermudah proses dan kalkulasi biaya pengiriman. Sistem Djaring juga sudah terintegrasi dengan Jurnal.id dalam hal pencatatan laporan keuangan secara real-time.

Untuk mendukung pertumbuhan internal platform, Djaring juga berencana bekerja sama dengan Voice of Startups untuk memberikan layanan public  relation, mahasiswa dari Binus University sebagai admin dan pengurus konten website, dan Adnomali sebagai penyedia layanan digital marketing kepada para UKM yang menjadi merchant Djaring.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)