DNR Masuki Bisnis Logistik Lewat Storesend Indonesia

Pertumbuhan jaringan internet yang semakin cepat disertai dengan penyebaran jaringan yang semakin luas menambah peningkatan aktifitas digital di masyarakat.

Aktivitas yang paling sering dilakukan melalui ponsel pintarnya adalah mengobrol secara online, menjelajah, menonton video, mengakses media sosial, dan menggunakan platform untuk berbelanja. Saat ini meningkatnya pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia tengah menjadi sorotan pemerintah Indonesia. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan keuntungan dari aktivitas transaksi online dan bisat bersaing dengan negara-negara Asia lainnya.

Melihat kondisi itu, DNR Corporation bersama dengan Storesend Holding membentuk sebuah perusahaan PMA bernama Storesend Elogistic Indonesia (SSI), yakni penyedia jasa e-logistic yang terintegrasi dengan pedagang online, toko online, dan jasa pengiriman. “Harapannya dapat memberikan kemudahan bagi para ekonomi digital untuk dapat mengembangkan bisnis mereka dan mendapatkan pasar yang lebih luas, dengan jaringan distribusi dan sistem warehouse management,” ujar Gary Tanoesoedibjo, Co-chief Marketing Officer Storesend Indonesia .

SSI sendiri kini memiliki 4 multiple warehouse fulfillment di Jakarta dengan luas 22 m2, lainnya juga terdapat di Medan, Makasar, dan Surabaya. Selain  itu, jaringan warehouse juga ditambah dengan 39 gudang milik DNR Corporation, 17 sub distributor branches, dan 42 affiliate warehouse yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Jaringan yang kami miliki memberikan keuntungan dan efisiensi bagi para pedagang online. Selain itu,  untuk mencakup wilayah ASEAN dipermudah dengan warehouse fulfillment center di Malaysia dan Singapura,” ujarnya di Jakarta Kamis malam (12/4/2018).

Saat ini Indonesia merupakan salah satu pasar yang memiliki pertumbuhan ekonomi digital yang cukup tinggi, terdapat lebih dari 1,2 juta jumlah transaksi yang terjadi di setiap harinya. Menyadur data APJII di tahun 2017 pengguna internet di Indonesia mencapai 143ribu juta atau 50% dari 262 juta penduduk Indonesia telah mengakses internet. Namun, dari hasil itu, masih banyak masyarakat yang belum tersentuh oleh ekonomi digital.

“Potensi e-commerce Indonesia begitu besar dan akan terus tumbuh. Hal ini tentunya masih harus dibantu oleh sistem logistik yang terintegrasi dengan baik untuk mempercepat perkembangan ekonomi digital,” ujar Rudy Tanoesoedibjo, Chairman of DNR Corporation. Pasar e-commerce  diprediksi akan terus tumbuh hingga 12 juta transaksi per hari pada tahun 2025 mendatang. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai pemain dominan bisnis pemasaran online di Asia Tenggara.

“Kepada pemilik brand, kami menawarkan multi point distribution center yang tersebar di seluruh Indonesia. Ini tentunya akan menjadi solusi end-to-end yang efektif dan efisien dalam penyimpanan, inventori, dan supply chain management yang terintegrasi dan menyeluruh,” ujarnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)