Dua Skutik Baru Yamaha Siap Ramaikan Pasar

Kesiapan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) untuk meluncurkan dua buah sepeda motor matik (skutik) makin terang. Beberepa hari lalu sebuah skutik bongsor dipergoki tengah di uji coba jalan di Kawasan Bekasi. Bisa jadi skutik gede yang ditemui itu adalah Yamaha tipe NMAX 250 cc, yang mana kabar kemunculan motor tersebut telah santer beredar sejak Agustus lalu.

Skutik Skutik Yamaha NMAX, produk andalan Yamaha di Indonesia

Sedangkan skutik tipe lainnya, adalah motor berkode B65 atau NVX150 cc, sebuah produk skutik Yamaha yang dibuat di Vietnam. Uji coba motor tipe ini sudah selesai pada pertengahan September lalu dan rencananya YIMM akan memproduksi kurang lebih sebanyak 135 ribu unit yang terdiri dari dua varian , yakni menggunakan rem ABS (Anti Lock Brake Systems) dan Non ABS. Pihak YIMM sendiri belum mengumumkan nama untuk motor ini. Tapi, skutik yang akan diproduksi tersebut akan diposisikan dibawah NMAX 150 cc dan akan bersaing ketat dengan Honda Vario 150 cc. NVX 150 cc menggunakan spek mesin dan fitur serupa dengan NMAX 150 cc. Hanya harganya lebih murah, yakni sekitar Rp 21 juta-an, dan bertarung dengan skutik Honda.

Belum ada kabar yang jelas dari YIMM kapan kedua skutik tersebut diluncurkan. Selentingan terdengar bahwa NVX150 akan diluncurkan lebih dulu. Namun, melihat kesiapan yang dilakukan YIMM, tampaknya masih perlu waktu. Yang pasti, yang beberapa waktu lalu ditemui adalah NMAX 250 cc dan NMAX 150 cc versi baru.

Kehadiran NVX150 cc, memang sangat pas bagi YIMM. Karena, di segmen ini Yamaha tidak memiliki produk yang bisa bersaing dengan Honda Vario 150 cc. Dan perlu diketahui varian produk skutik Yamaha, mulai dari entry level selalu bersaing ketat dengan produk Honda. Untuk segmen yang medium up, Yamaha memiliki produk NMAX 150 cc yang merupakan kompetitor dari Honda PCX 150. Namun dari segi harga NMAX jauh lebih murah dari PCX. Maka, tak heran bila NMAX banyak diminati dan menjadi salah satu tulang punggung penjualan Yamaha. NMAX dibanderol Rp 24,5 – Rp 29 jutaan. Sedangkan PCX Rp 38 juta an.

Mohammad Masykur, Asisten GM Pemasaran Yamaha Indonesia kepada wartawan mengatakan bahwa peluncuran NMAX 250 cc rencananya akan dilaksanakan pada 2017 mendatang. Pernyataan ini menepis rumors yang beredar bahwa skutik gede Yamaha tersebut akan mengaspal antara Agustus – Oktober tahun ini. Menurutnya, motor ini diperuntukkan bagi penggemar skutik premium, atau konsumen motor penyuka performa mesin yang lebih besar. “Harga skutik ini berkisar antara Rp 45 – 50 jutaan,” ujarnya kepada wartawan beberapa waktu lalu.

NMAX 250, adalah skutik dengan performa mesin canggih, mengusung teknologi Fuel Injection (FI) dann berpendingin mesin Liquid-Cooled.

Artikel terkait:

Pasar Otomotif Lesu, Yamaha Berhasil Tingkatkan Ekspor 300%

Yamaha dan Alfamart Kerjasama Jual Motor

Kiat Honda Kuasai 70 Persen Pasar Motor Skutik Indonesia

 New Honda Vario FI, Skutik Terbaru Keluaran AHM

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)