Dukung Pembangunan Berkelanjutan, DBS Indonesia Salurkan Pendanaan untuk BUMN | SWA.co.id

Dukung Pembangunan Berkelanjutan, DBS Indonesia Salurkan Pendanaan untuk BUMN

Sebagai  wujud nyata komitmen Bank DBS Indonesia dalam mendukung agenda pemerintah dan menunjang pembangunan proyek BUMN di berbagai daerah dan turut mendampingi BUMN dalam mengakselerasi transisi bisnis ke arah yang lebih berkelanjutan melalui green loan maupun sustainability-linked bond. Sejak tahun 2022  Bank DBS Indonesia telah menandatangani sejumlah perjanjian Fasilitas Pinjaman Berjangka Sindikasi (Syndicated Term Loan Facility) kepada beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di industri energi, pengolahan, institusi perbankan, dan lainnya. 

Hingga September 2023, Bank DBS Indonesia telah  menyalurkan kredit kepada BUMN dengan total sekitar US$ 1.300 juta. Sekitar 15 persen dari pendanaan tersebut disalurkan untuk keperluan yang terkait dengan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG).

“Bank DBS Indonesia menyadari peran penting BUMN dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan. Kami akan senantiasa melanjutkan kerja sama yang sudah terjalin dan terus menjadi mitra BUMN dalam menciptakan dampak positif bagi masyarakat luas, salah satunya melalui keterlibatan kami dalam pemberian fasilitas green loan senilai total USD750 juta untuk proses transisi dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) ke Energi Baru Terbarukan (EBT),” ungkap Direktur Institutional Banking Bank DBS Indonesia Kunardy Lie. 

Bank DBS Indonesia menurut Kunardy juga menjadi salah satu Bank yang berpartisipasi dalam Sustainability-Linked Syndicated Term Loan Facility kepada PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero). Perjanjian kredit ini juga melibatkan sejumlah mitra perbankan nasional dan internasional termasuk Singapura, Jepang, Hong Kong, Taiwan dan Korea Selatan.

Dengan rekam jejak  dalam menangani berbagai pembiayaan tersebut, BUMN memberi kepercayaan bagi Bank DBS Indonesia untuk menjadi fasilitator dan koordinator (lead arranger/coordinator)  dalam beberapa kesempatan pembiayaan sindikasi. Selain itu, Bank DBS Indonesia juga ditunjuk untuk berpartisipasi dalam acara Business Matching pada Pertamina Investor Day 2023 di mana Bank DBS Indonesia berperan aktif dalam memberikan masukan atas beberapa proyek strategis Pertamina Group sebagai industry specialist maupun dari sisi perbankan.

Seluruh kontribusi Bank DBS Indonesia ini juga mendapatkan pengakuan dari Kementerian BUMN pada Apresiasi Mitra BUMN Champion 2022. Dalam ajang ini, Bank DBS Indonesia berhasil meraih peringkat ketiga dalam kategori Global Champion - Kelas Usaha Swasta di kategori kreditur/investor. Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi kepada mitra BUMN yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan bisnis  dan operasional BUMN, sehingga BUMN dapat merealisasikan kinerja secara lebih efektif dan efisien.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)