Dukung RPJMN Hijau Melalui Indonesia Vision 2050

Indonesia Business Council for Sustainable Development (IBCSD) mendukung terwujudnya RPJMN Hijau.

Dukungan ini dituangkan pada Indonesia Vision 2050 yang merupakan hasil pertemuan anggota IBCSD yang juga dihadiri Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN), Prof. Bambang PS Brodjonegoro, perusahaan lainnya serta para pemangku kepentingan. "Pemerintah berkomitmen menjadikan Indonesia lebih hijau, ini diperkuat di RPJMN 2020-2024. Saya berharap sektor swasta turut mendukung mewujudkan dunia usaha yang bertanggung jawab dan berkesinambungan," katanya.

Pertemuan ini memenuhi harapan tersebut.  Sebab, tema yang diangkat adalah "Dukungan Korporasi Dalam Penyusunan RPJMN 2020-2024" yang juga dikenal sebagai RPJMN Hijau. Ini merupakan respons sektor swasta dalam menghadapi tantangan bisnis ke depan terkait dengan kerusakan lingkungan dan kelangkaan sumber daya alam.

"Sektor swasta dalam Indonesia Vision 2050 makin mendorong peran mereka dalam pembangunan hijau Indonesia. Dan mengimbau pemangku kepentingan untuk mendorong kompetisi yang adil," ujar Shinta W. Kamdani, Presiden IBCSD.

Hasil pertemuan ini mendorong pemangku kebijakan agar membedakan perusahaan yang mempraktikkan bisnis berkelanjutan melalui investasi teknologi dan upaya lainnya, dengan perusahaan yang masih melakukan bisnis seperti biasanya dan dapat merusak lingkungan. "Inj merupakan tantangan karena tidak mendorong ke arah perbaikan dan tidak mencerminkan persaingan bisnis yang adil," tegasnya.

Visi ini disusun atas hasil dialog dengan pihak swasta, pemerintah, serta pemangku kepentingan lainnya. Selanjutnya, visi tersebut akan dijabarkan lagi dalam Action 2030 yang akan disusun beriringan dengan RPJMN 2020-2024 yang ditargetkan menjadi RPJMN Hijau.

Action 2030 merupakan langkah-langkah yang perlu dilakukan oleh dunia usaha hingga tahun 2030. Baik Indonesia Vision 2050 dan Action 2030, keduanya diharapkan dapat menjadi masukan bagi pemerintah dalam upayanya bagi pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

IBCSD sebagai perwakilan dunia usaha menyambut baik Perpres 59 tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Dengan Perpres tersebut, upaya IBCSD dalam mendorong dunia usaha demi pencapaian tujuan berkelanjutan berjalan seiring dengan komitmen Pemerintah. IBCSD yang beranggotakan 25 perusahaan memastikan keterlibatannya dalam penyusunan rencana aksi nasional sebagai pelaksanaan dari Perpres 59 tahun 2017, mengacu pada sasaran nasional yang merupakan lampiran.

Koordinasi dengan Kementerian PPN dan pihak lainnya ini sangat penting, mengingat upaya pencapaian pembangunan keberlanjutan melalui sektor swasta bukanlah proses yang instan, namun memerlukan perencanaan yang matang dan waktu yang cukup panjang. Proses bagi perusahaan untuk dapat melihat manfaat dari jerih payah dan investasi yang ditanamkan serta waktu yang telah diluangkan, merupakan tantangan dalam mendorong pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)