Dukung UMKM, Blibli Gandeng 3 Provinsi | SWA.co.id

Dukung UMKM, Blibli Gandeng 3 Provinsi

Indonesia tercatat memiliki 64 juta pelaku UMKM dengan total sumbangan 57% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional, serta membuka lapangan pekerjaan bagi 97% total tenaga kerja di Indonesia. Jumlah tersebut membuat UMKM memiliki peran penting bagi perekonomian bangsa.

Untuk memberdayakan pelaku UMKM sekaligus meningkatkan literasi digital, Blibli berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, dan Pemerintah Kota Bandung untuk mendampingi UMKM dan koperasi di daerah tersebut. “Hal tersebut pun tidak terlepas dari komitmen kami dalam menjalin kolaborasi bersama para pemangku kepentingan, termasuk dengan menjadi mitra bagi pelaku koperasi dan UMKM hingga pemerintah,” ujar Andreas Ardian Pramaditya, VP Galeri Indonesia Blibli.

Penandatanganan kesepakatan ini untuk mempererat sinergi dengan pemerintah sekaligus memperkuat perusahaan dalam mendampingi koperasi dan UMKM. Andreas berharap para pelaku UMKM dan koperasi dapat meningkatkan kualitas produk, pelayanan, serta menjangkau lebih banyak pasar hingga nantinya bisa bertumbuh secara berkelanjutan melalui program yang akan diberikan.

Kolaborasi Blibli dengan tiga provinsi ini diwujudkan melalui penyelenggaran eksibisi omnichannel. Setiap eksebisi memamerkan produk UMKM hingga meningkatkan kapabilitas digital melalui omnichannel yang terintegrasi. Blibli dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan menggelar K-UKM Expo 2022 pada 27–31 Juli 2022 di Surabaya. Gelaran ini merupakan pameran tahunan yang menghadirkan berbagai produk mulai dari fashion, kuliner, hingga kerajinan tangan.

Sementara itu, kolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah ditandai dengan dilaksanakannya Harkop Hybrid Expo 2022. Selain menggelar pameran, keduanya juga mendorong transformasi digital di kalangan UMKM dengan melaksanakan program pelatihan dan pendampingan secara offline dan online. “Untuk kolaborasi dengan Pemerintah Kota Bandung, kami menggelar Pasar Kreatif Bandung 2022 yang bertujuan untuk memasukan sektor UMKM dan menggerakkan perekonomian daerah setempat,” kata Andreas.

Di tahun ini, Pasar Kreatif Bandung 2022 digelar mulai 1 Juli sampai 14 Agustus di enam mall di Bandung dengan melibatkan 180 pelaku UMKM terkurasi.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Tags:
Blibli UMKM

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)