Dukungan Google Bangun Skill Baru SDM Indonesia

Google for Indonesia

Untuk keempat kalinya Google for Indonesia diselenggarakan. Kali ini pesan yang disampaikan, sejalan dengan konsern pemerintah Indonesia pada perkembangan digital di Indonesia adalah pentingnya bersama-sama membangun SDM yang siap dan memiliki kemampuan baru di dunia digital. Pada gelaran ini, Google juga memperkenalkan produk-produknya yang telah juga mendorong SDM Indonesia lebih maju.

Program yang disebut dengan Bangkit ini, menurut Randy Jusuf, Managing Director Google Indonesia, perusahaan menggandeng Unicorn lokal dan Telkom. Program ini berupa pelatihan pengembang, serta menghadirkan lebih banyak titik wifi yang cepat dan gratis bersama Telkom dengan menghadirkan Google Station. "Program dan produk baru Google ini mengajak Indonesia "Maju sama-sama" dengan mengoptimalkan internet terbuka," tegasnya.

Inisiatif Bangkitt ini menguatkan inisiatif Google Indonesia sebelumnya yaitu Google Developers Kejar dan Digital Talent Scholarships, yang juga dalam upaya mendorong talenta teknologi Indonesia lebih maju lagi. Untuk program Bangkitt ini, program pelatihan yang sangat selektif selama enam bulan untuk membantu membangun SDM developer yang andal. Program gratis ini akan dimulai pada Januari 2020 dan pendaftaran dibuka mulai hari ini di g.co/bangkit.

“Kami mendesain program Bangkit bersama Gojek, Tokopedia, dan Traveloka untuk melatih 300 developer yang berkualifikasi tinggi dengan keahlian machinelearning hingga musim panas 2020,” jelas Randy. Ia berharap, melalui inisiatif Bangkitt, akan mendorong developer di seluruh Indonesia meningkatkan keterampilan teknis dan soft skill mereka, yang nantinya akan ikut mempercepat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia yang dinamis.

Melalui program-program untuk bakat-bakat baru dalam bidang teknologi ini - ditambah program pelatihan untuk pemilik bisnis seperti Gapura Digital dan Women Will untuk entrepreneur wanita - Google telah melatih 1,6 juta orang Indonesia. Semua ini sekarang tersedia melalui platform Grow with Google di g.co/GrowIndonesia.

Dalam acara, Google mengumumkan beberapa inisiatif untuk menghadirkan pengalaman berbelanja baru yang menarik bagi orang Indonesia. Yang pertama adalah Google Shopping yang dilengkapi fitur penelusuran prediktif (queryless) dan dirancang untuk aktivitas berselancar di internet atau browsing.

Halaman ini merupakan sebuah destinasi bagi pengguna untuk menelusuri berbagai kategori produk dan menemukan produk dari ribuan toko online dan offline. Menariknya, Google memungkinkan pencarian dengan bahasa Unda dan Jawa, yang akan hadir dalam beberapa bulan ke depan.

Untuk memastikan manfaat pertumbuhan pesat ekonomi digital juga bisa dinikmati bisnis baik besar maupun kecil, Google mengumumkan bahwa untuk pertama kalinya, peritel offline dapat memunculkan produk mereka di Google Shopping hanya dengan membuat profil Google Bisnisku dan mengunggahnya.

Siti Choirina, Direktur Consumer PT Telkom Indonesia mengatakan sebagai perusahaan milik negara, Telkom ingin memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat melalui penyediaan infrastruktur dan layanan ICT terbaik, serta menghadirkan konektivitas yang merata di seluruh Indonesia. "Kerja sama dengan Google untuk layanan Google Station merupakan salah satu langkah untuk mewujudkan hal tersebut," ujarnya.

Google juga menegaskan kembali komitmennya untuk membantu orang Indonesia menggunakan alat-alat dan pengaturan privasi yang diperlukan untuk menjaga keamanan di internet, dan khususnya saat dalam perjalanan dengan memperkenalkan fitur Stay​ Safer di Google Maps.

Fitur baru ini akan memberi orang “peringatan saat menyimpang”, yaitu ketika driver yang mengantar mereka menyimpang dari rute yang disarankan lebih dari 0,5 km. Ini juga akan memungkinkan penumpang membagikan lokasi real-time mereka kepada teman dan keluarga hanya dengan beberapa ketukan.

“Kami ingin menunjukkan kepada setiap orang Indonesia cara menggunakan alat-alat kami sekaligus memberikan tips umum tentang cara menjaga keamanan di internet,” jelas Putri Alam, Kepala Hubungan Pemerintah dan Kebijakan Publik, Google Indonesia.

Ini merupakan bagian dari rasa tanggung jawab menuntut Google untuk memperluas perhatian melampaui penggunanya, untuk juga mempertimbangkan dunia di sekitar mereka. "Karenanya kami begitu senang menerima sangat banyak kiriman karya untuk #jagaprivasimu, sebuah kampanye keamanan internet kami tahun ini," ujarnya.

Putri juga
memberikan info terbaru tentang Google News Initiative Training Network dan
kemitraan Google dengan Mafindo, Internews, dan Aliansi Jurnalis Independen.

“Di samping membantu orang Indonesia belajar cara menjaga keamanan dan mencari informasi di internet, kami juga ingin berinvestasi dalam keamanan konten yang akan berinteraksi dengan mereka,” tambahnya. Kemitraan dengan jurnalis sangat penting dalam upaya kami, dan kami bangga bahwa, sejak tahun 2018, GNI Indonesia Training Network telah melatih 7.290 jurnalis, dari 579 organisasi berita di 51 kota.

Dalam gelaran ini, Google ingin masyarakat Indonesia bisa meraih manfaat yang optimal dari internet melalui inovasi yang bertanggung jawab dan informasi yang mudah diakses.

Produk-produk baru Google yang diperkenalkan pada gelaran Google for Indonesia yaitu Kormo, ini merupakan aplikasibursa kerja dan pengembangan karier yang menghubungkan pencari dan pemberi kerja, menyediakan lowongan kerja tingkat pemula di sektor-sektor yang sedang berkembang pesat seperti bisnis on-demand, retail, dan hospitality.

Kromo bekerja dengan algoritme pencocokan berbasis machine learning yang efisien, mencocokkan lowongan kerja dan calon karyawan berdasarkan faktor seperti keterampilan, pengalaman, kompensasi, lokasi, dan ketersediaan. Aplikasi ini juga memiliki fitur pembuat CV gratis dan feed “Pelajari” yang terkurasi dan berisi banyak materi pengembangan profesi.

Fitur baru di Google Search, salah satu yang akan segra hadir bisa menerjemahkan di Google Go, bahwa dengan fitur ini kita bisa menerjemahkan halaman web dengan sekali ketuk, dan memintanya dibacakan dalam beragam bahasa.

Kedua, menemukan momen penting di Google ​Search, kita bisa menemukan momen penting dalam video tertentu, menyediakan link untuk membuka momen penting dalam video tersebut berdasarkan stempel waktu yang diberikan oleh kreator konten.

Juga hadir Lens di Google Image Search​, yang memungkinkan kita saat melihat sebuah gambar yang ingin kita ketahui lebih jauh, ​misalnya motif batik yang ingin kita ketahui, dengan Lens dalam bahasa Indonesia kita bisa pelajari dan menelusuri gambar tersebut.

Dalam produk Maps​, Google selalu mencari cara baru untuk membantu orang Indonesia menemukan berbagai hal dan menyelesaikan tugas dalam kehidupan sehari-hari. Dibuat dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna di Indonesia, kami meluncurkan fitur-fitur ini.

Kita juga bisa mengikuti Local Guide, bahwa penggunasekarang bisa mengikuti Local Guide favoritu ntuk selalu mendapatkan rekomendasi terbaru mereka. Dengan begitu, pengguna bisa mendapatkan inspirasi secara lebih langsung dari dunia di sekitar.

Dan kini Google Search memungkinkan kita menemukan promo restoran di tempat terntentu, dalam menghadirkan produk ini Google berpartnerdengan Eatigo.

Kini verifikasi listingan Google Bisnisku pun otomatis, hal ini terwujud melaluikemitraan baru dengan Pemerintah Jakarta (JakEvo), mulai bulan Desember ini jika mengajukan permohonan izin usaha melalui JakEvo, bisnis akan otomatis dicantumkan dan diverifikasi di Google Bisnisku.

Asisten Google: ​Asisten Google didesain untuk ​membantu, ​aman, dan mudah diakses bagi setiap orang sepanjang hari​.Agar Asisten bisa membantu kita lebih banyak lagi. Google telah mengintegrasikannya dengan aplikasi dan layanan yang sudah sering kitagunakan, termasuk merek-merek lokal terkemuka.

Action aplikasi Gojek memudahkan kita memesan makanan hanya dengan mengucapkan makanan apa yang akan kita pesan. Misal "Pesan Martabak dari Gojek", action ini akan membantu menampilkan daftar merchant dengan cepat, hingga mengecek status pesanan kita.

Akses melalui telepon, Google memahami bahwa kemudahan akses informasi merupakan kebutuhan krusial saat ini, untuk itu Google bersama Indosat OOredoo selama beberapa bulan terakhir, telah menguji coba ​Akses Telepon Asisten Google. Layanan ini memungkinkan pengguna Indosat untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat dari Asisten Google dengan menelepon 696 (bebas pulsa) tanpa koneksi internet atau data.

Google juga menghadirkan setelan privasi, berupa Asisten bersifat pribadi yang menangani data dan privasi kitadengan sangat serius. Google ingin memberi Anda kontrol yang lebih besar lagi atas privasi pengguna dengan menjadikannya lebih mudah digunakan melalui perintah suara yang sederhana.

Kita sekarang dapat menghapus data aktivitasya di Asisten Google ​dengan mudah, cukup mengatakan: "Ok Google, lupakan apa yang baru saja aku bilang ke kamu” atau “Ok Google, aku mau kamu hapus percakapan minggu lalu.

Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI menyambut langkah Google dalam mendorong SDM Indonesia memiliki skill baru ini, bahkan diharapkan program Bangkitt ini bisa menjangkau lebih luas lagi, bukan 300 tapi sampai 300 ribu anak muda Indonesia, bahkan lebih.

Nadiem memahami, bahwa dalam membangun SDM unggul yang siap menghadapi era digital ini, dibutuhkan jalan pintas (shortcut). "Teknologi mendorong skalabilitas, bisa multiplier impact-nya 10 kali lebih efisien, impact lebih besar. Dengan teknologi juga membantu cara membangun produk yang user centric, sangat transparan, dan jujur. Organisasi yang berorientasi user centric, akan lebih melayani, fokus pada deliver atau outcome," paparnya di Google for Indonesia di Raffles Hotel Jakarta (21/11/2019).

Ia juga meminta Google menjadikan Indonesia sebagai prioritas nomor satu di dunia. "Pemerintah Indonesia sedang mengadopsi agile system, jarang-jarang pemerintahan di dunia yang seperti ini, Indonesia sudah terapkan. Pemerintah Indonesia menempatkan diri sebagai enabler, menempatkan sebagai organisasi yang cepat beradaptasi dengan inovasi. Ayo paradigma diubah, komunitas, Google juga unicorn," ajaknya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)