Dukungan HP dan PJI agar Lebih Banyak Anak Indonesia Kuasai STEM

Sebagai bagian dari kampanye tahunan HP 40 Days of Doing Good, HP Indonesia bersama Prestasi Junior Indonesia (PJI) mengimplementasikan STEM Education for Children untuk 50 pelajar dan 10 guru dari SDN Lenteng Agung 01 Jakarta dan SDN Pepelegi 2 Sidoarjo. Program edukasi ini diharapkan dapat mendukung para pelajar dalam menumbuhkan minat pada bidang STEM (science, technology, engineering and mathematics) dan mengasah keterampilan abad 21 sejak dini.

Fiona Lee, Managing Director, HP Indonesia mengatakan, program ini merupakan yang terbaru dari serangkaian inisiatif pendidikan yang diluncurkan HP, yang difokuskan di Indonesia. “Hal ini termasuk HP LIFE dan Tech Hubs, yang menunjukkan komitmen kami terhadap pendidikan di Indonesia dan membawa pengalaman teknologi serta pembelajaran ke daerah terpencil untuk mendorong kesetaraan digital yang lebih baik. Melalui STEM Education for Children, kami ingin membangkitkanantusiasme para pelajar terhadap STEM dan mendorong mereka untuk mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk pekerjaan di masa depan,” tambahnya.

Menurut Fiona, keterlibatan mereka dalam eksperimen di program ini diharapkan dapat menginspirasi untuk menikmati pembuatan karya melalui teknologi. Upaya ini juga dilakukan untuk mendukung Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dalam menggalakkan Gerakan Literasi Nasional yang menyertakan literasi sains sebagai satu dari enam literasi dasar yang harus dikuasai pelajar Indonesia.

Selama dua hari, peserta terlibat dalam serangkaian pembelajaran interaktif seputar teknologi dan energi yang digelar secara daring. Melalui kurikulum HP LIFE, para pelajar memahami pentingnya menghemat penggunaan energi dan memanfaatkan berbagai energi terbarukan yang ada di sekitar mereka. Pada sesi eksperimen, mereka membuat prototipe lampu lalu lintas untuk memahami aplikasi konversi energi dan juga cara kerja teknologi. Selain meningkatkan pengetahuan siswa, program ini juga menginspirasi para guru untuk mengembangkan pembelajaran STEM dengan konsep serupa di sekolah.

“Eksperimen teknologi yang memiliki aplikasi di kehidupan nyata memberikan sebuah pengalaman dan cara berpikir baru bagi para pelajar sekolah dasar. Partisipasi dalam pembelajaran STEM yang berbasis pengalaman di usia muda akan membangun fondasi yang kuat di mana pengembangan pengetahuan lebih lanjut dapat terjadi. Selain itu, aktivitas-aktivitas ini turut mengasah soft skillsabad 21 mereka, seperti berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi,” jelas Robert Gardiner, Co-Founder and Academic Advisor, Prestasi Junior Indonesia

Melalui kampanye tahunan 40 Days of Doing Good, karyawan HP di seluruh dunia terlibat menjadi sukarelawan untuk mendukung berbagai tujuan baik yang dibutuhkan oleh komunitas lokal mereka, utamanya seputar pendidikan dan pembelajaran terkait teknologi. Mendesaknya kebutuhan akan peningkatan kompetensi STEM pelajar Indonesia mendorong karyawan HP di Indonesia mengusung STEM Education for Children untuk kampanye mereka tahun ini. Selama kegiatan, sebanyak 9 karyawan HP Indonesia mengkontribusikan 55 jam kerja mereka secara sukarela untuk menjadi mentor yang berbagi pengetahuan dan inspirasi kepada peserta.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)