Dukungan Operator Seluler Agar Belajar dan Bekerja di Rumah Tetap Produktif

Belajar di rumah tetap produktif dengan dukungan internet

Telkomsel telah menyiagakan jaringan untuk mengantisipasi lonjakan trafik layanan seiring tingginya potensi penggunaan layanan data oleh masyarakat di sejumlah wilayah sebagai dampak diberlakukannya kebijakan bekerja dan belajar dari rumah oleh sejumlah perusahaan dan sekolah. Pengamanan jaringan terutama difokuskan di wilayah residensial dan juga titik posko penanggulangan Covid-19 seperti rumah sakit dan kantor pemerintahan terkait.

Denny Abidin, VP Corcom Telkomsel, mengatakan, terjadi kenaikan trafik komunikasi layanan berbasis data dan digital Telkomsel, dengan kontribusi tumbuhnya payload layanan sistem belajar berbasis daring (e-learning) mencapai 236%, komunikasi pesan instan sebesar 19%, games online sebesar 13% dan layanan digital berbasis cloud storage yang umumnya juga digunakan sebagai penunjang sistem layanan aplikasi bekerja secara daring, yang meningkat hingga 10,4%. Sedangkan trafik payload lainnya yang meningkat antara lain pemanfaatan layanan content provider (8,2%), digital advertising (7,5%), video streaming (7.3%), dan browsing (5,2%).

Sedangkan, untuk wilayah operasional Telkomsel yang
mengkontribusi kenaikan payload secara keseluruhan terbesar yaitu Regional Jawa
Barat (7,9%), Jawa Tengah (6,9%), Jawa Timur (5%), Sumatera Bagian Tengah
(4,7%) dan Sumatera Bagian Selatan (4.2%).

(Plt) Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa menyampaikan hal senada. Akses ke sejumlah layanan data memang sudah meningkat, terutama browsing informasi melalui Google, selain juga trafik penggunaan Whatsapp, serta media sosial seperti Facebook dan Twitter yang menguat dibandingkan hari-hari biasa. Darmayusa memperkirakan trafik berpotensi meningkat hingga 10-15% dibandingkan hari-hari biasa.  

Bahkan kesiapan jaringan berbasis broadband ini juga
dilakukan untuk memastikan kenyamanan pelanggan menikmati ragam layanan digital
lifestyle Telkomsel seperti aplikasi video on demand MAXStream, streaming lagu
LangitMusik serta layanan Dunia Games.

Lalu untuk membantu siswa bisa #TerusBelajar dengan efektif dari rumah, Telkomsel menyediakan dua pilihan paket data yang bisa dimanfaatkan untuk bebas akses ke berbagai aplikasi pembelajaran daring (e-learning), yakni “Bebas Akses Ruangguru 30GB” dan “Bebas Akses Ilmupedia 30GB”. Kedua pilihan paket ini berlaku untuk pemakaian selama 30 hari dengan kuota 30GB, masing-masing untuk akses aplikasi Ruangguru dan aplikasi-aplikasi yang tergabung dalam paket Ilmupedia, yakni Quipper, Zenius, Cakap, Bahaso, dan Sekolahmu. Dalam waktu dekat ini Telkomsel juga sedang proses berkolaborasi dengan sekitar 122 Perguruan Tinggi di Indonesia yang memiliki akses situs e-learning.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan XL Axiata memahami masyarakat membutuhkan akses data dan internet untuk tetap bisa beraktivitas belajar dan bekerja secara produktif dari rumah.

Langkah awal dukungan XL Axiata adalah program khusus
memberikan gratis 2GB/hari untuk mengakses ke sejumlah aplikasi atau layanan
data yang bisa membantu belajar atau bekerja dari rumah, mulai tanggal 18  hingga 31 Maret 2020. Aplikasi-aplikasi
tersebut adalah Udemy, Ruang Guru, dan Zenius untuk para pelajar atau
mahasiswa.

Untuk mahasiswa pelanggan XL Axiata, bisa menggunakan paket
gratis tersebut untuk mengakses materi kuliah daring yang disediakan kampus
mereka masing-masing. Namun hanya untuk beberapa kampus yang tergabung dalam
program ini yaitu UI, Unpad, ITB, Undip, Universitas Atmajaya, Unhas, Unes
Semarang, Institut Teknologi Sumatera, Universitas Udayana, dan UGM.

Semua pelanggan XL Axiata juga diberikan kemudahan untuk mengakses layanan edukasi E-Learn di alamat elearn.id. E-Learn yang eksis sejak 2014 merupakan salah satu karya XL Axiata, bagian dari program XL Future Leaders.

Kemudian untuk mendukung aktivitas bekerja dari rumah dengan lebih nyaman, pelanggan yang mendapatkan kuota tersebut juga bisa digunakan mengakses sejumlah aplikasi dari Microsoft Office 365. XL Axiata juga memberikan bebas kuota untuk pelanggan yang mengakses informasi mengenai penanganan Virus Corona dari sumber-sumber resmi di Kementerian Kesehatan dan Pemprov DKI .

Indosat Ooredoo pun melakukan langkah seirama dengan XL Axiata Telkomsel dengan memberikan akses internet gratis ke beberapa platform pembelajaran digital seperti Ruangguru, Quipper, Sekolahmu.com, dan Rumah Belajar. IM3 Ooredoo mendukung kegiatan belajar di rumah dengan memberikan kuota gratis 30GB untuk mengakses aplikasi belajar online bagi semua pelanggan kami selama 30 hari sejak diaktifkan.

"Kuota internet gratis Indosat Ooredoo ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengakses ke lebih dari 60 platform e-Learning dan situs resmi dari universitas-universitas di Indonesia agar mahasiswa dan dosen tetap dapat melanjutkan proses perkuliahan selama krisis COVID-19 berlangsung, tanpa menghabiskan kuota internet mereka,” jelas Ahmad Al-Neama, President Director & CEO Indosat Ooredoo.

Bagi yang bekerja di rumah, IM3 Ooredoo memberikan diskon hingga 30% untuk beberapa paket internet.  Pelanggan juga bisa menikmati kuota hingga 50GB yang dapat digunakan selama 30 hari dan dilengkapi dengan benefit Pulsa Safe yang menjaga agar pulsa pengguna tidak terpotong saat kuota habis.

“Kami juga memberikan layanan gratis pengiriman SIM Online, bagi yang membeli kartu SIM prabayar & pascabayar baru tanpa keluar dari rumah mereka. Pengiriman SIM online Gratis di beberapa daerah, terutama di Jakarta. Kami juga memiliki kemitraan dengan aplikasi seperti Gojek/Grab/Tokopedia/Shopee untuk pengisian online dan pembayaran tagihan,” jelas Al-Naema.

Hal yang sama disampaikan M. Buldansyah, Wakil Presiden Direktur 3 Indonesia, pihaknya terus memantau dan mengantisipasi pemenuhan kebutuhan data ini setiap hari selama 24 jam untuk memastikan layanan kami tersedia dengan kualitas terbaik. “Menurut pemantauan kami, trafik layanan 3 Indonesia pada hari Senin 16 Maret naik jika dibandingkan dengan hari yang sama pada pekan sebelumnya. Trafik layanan konvensional seperti voice call meningkat sebesar 5-10% dan trafik data meningkat sebesar 15-20%. Lonjakan trafik dataini memuncak justru di luar jam sibuk, yaitu pada pukul 06:00 sampai 12:00,” ungkapnya.

Beberapa aplikasi yang berkontribusi dalam peningkatan trafik data di layanan 3 adalah WhatsApp, YouTube, Facebook, dan Mobile Legend. “Seperti diketahui, WhatsApp bisa digunakan untuk melakukan conference call dan video call oleh mereka yang bekerja dari rumah. Untuk itu, kami selalu berupaya memastikan jaringan 3 Indonesia tetap andal untuk digunakan selama periode bekerja dari rumah diterapkan,” terangnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)