DV Medika Ekspor Perdana Hospital Bed dan Furniture ke Malaysia

Pelepasan Ekspor Perdana DV Medika ke Malaysia

Mengiringi perjalanan 22 tahun berkarya dalam dunia alat kesehatan di Indonesia, DV Medika mencetak sejarah baru dengan melakukan ekspor perdana produk alat kesehatan berupa hospital bed dan furniture merek Platinum Inspiration ke Malaysia dari manufacturing facility DV Medika di Kawasan Industrial Kendal (KIK), Jl. Wanamarta Raya No. 38 Kabupaten Kendal - Jawa Tengah, Selasa (31/8). 

Vincentius Lianto, Founder & Chairman DV Medika, menyatakan untuk masuk ke pasar internasional, DV Medika telah melakukan transformasi bisnis, mengubah dari perusahaan distribusi tempat tidur rumah sakit (hospital bed) menjadi local manufacturer, dan secara bertahap meningkatkan kandungan lokal untuk produk-produknya dari waktu ke waktu. "Kami akan terus bekerja keras dengan inovasi dan kreativitas demi kemajuan dan kemandirian alat kesehatan Indonesia," ungkap Vincentius secara daring dari Bali. 

CEO DV Medika Steven Lee (kiri) dan dr. Riana R Krisnanto, Kepala Divisi Hospital Bed & Furniture DV Medika (kanan).

Kegiatan ekspor ini menurut Vincentius menunjukkan usaha DV Medika yang konsisten dan fokus untuk terus berkomitmen memajukan produk lokal dan tetap berbisnis dengan hati (Marketing with Heart). "Dengan keberhasilan ini DV Medika selangkah lebih maju dalam peran serta menjadi salah satu penghasil devisa dan menempatkan DV Medika sebagai pemain global, From Garage to the World," tambah Vincent yang mengawali usahanya dari kantor yang sederhana, sebuah garasi rumah di Denpasar Bali tahun 1999.

Menggandeng Meditours Sdn. Bhd - Group of FK Technology Sdn. Bhd, perusahaan Bumiputera di Malaysia sebagai mitra, pelepasan dan ekspor perdana 5 kontainer ukuran 40dilakukan secara simbolis melalui offline maupun online, dihadiri Ir. Sodikin Sadek, M.Kes, Direktur Penilaian Alat Kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga Kementrian Kesehatan RI,  dan Plt. Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI, Drg. Arianti Anaya, MKM.

"Ekspor perdana Platinum Inspiration ini diharapkan dapat memicu tumbuhnya produk alat kesehatan dalam negeri yang memenuhi standar dan mampu bersaing secara global," ujar Ir Sodikin Sadek M Kes. 

Pelepasan hospital bed dan furniture Platinum Inspiration ini, menurut Steven Lee, CEO DV Medika merupakan awal motivasi untuk terus berinovasi. "DV Medika tidak hanya menjadi pelaku di tingkat daerah, tapi nasional bahkan internasional."

CEO DV Medika, Steven Lee, melepas keberangkatan truk kontainer yang membawa produk hospital bed dan furniture Platinum Inspiration untuk diekspor ke Malaysia.

Fasilitas produksi yang berada di Kawasan Industri Kendal ini merupakan manufacturing facility terbaru sebagai perluasan dan penyempurnaan tahap pertama dari fasilitas sebelumnya di Tangerang. Beroperasi sejak awal tahun diatas tanah seluas 20.000 M2, DV Medika melibatkan ATMI (Akademi Teknik Mesin Industri), lembaga pendidikan dan kejuruan (Vokasi) sebagai bagian dari stake holder dalam hal rancang bangun, dan juga pemasok parts dan komponen dari alat kesehatan yang di produksi oleh DV Medika  sekaligus sebagai sarana untuk praktik mahasiswa secara live yang mereka sebut sebagai Teaching Factory.

Dengan konsistensinya, DV Medika telah berhasil mendapatkan beberapa sertifikasi yang diantaranya untuk Management Mutu ISO 9001 : 2015, ISO 13485 : 2016 (medical devices) dan ISO 45001 : 2018 (keselamatan kerja). DV Medika juga tengah mengupayakan untuk mendapatkan sertifikasi CE (Certificate of Europe) sehingga standar produksinya selain diakui di dalam negeri, juga bisa melakukan penjajakan ekspor ke negara di Kawasan Eropa, Middle East dan sekitarnya. "DV Medika secara aktif mencoba untuk membuka pasar baru dikawasan Pasifik Selatan, dengan berencana mengikuti Eksibisi International Pacific Exposition ke-2 yang akan berlangsung di Christchurch pada 27-30 Oktober 2021 mendatang," ujar Vincentius.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)