E-Commerce dan E-Wallet Tingkatkan Transaksi BSI Mobile 97,4%

Hingga Juli 2021, PT Bank Syariah Indonesia Tbk  mencatat pertumbuhan transaksi Mobile Banking (BSI Mobile) sebesar 46,4 juta transaksi atau naik 97,4% secara tahunan (YoY).  Peningkatan transaksi BSI Mobile ini didorong oleh hadirnya kebiasaan baru masyarakat Indonesia saat pandemi dan aktivitas transaksi keuangan nasabah dalam berbelanja di e-commerce.

“Selama pandemi COVID-19, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), sejak Maret 2020 porsi transaksi BSI Mobile terus mengalami kenaikan. Sampai dengan Juli 2021, transaksi BSI Mobile berkontribusi paling tinggi yaitu 46% dari jumlah transaksi e-channel, sudah melebihi pencapaian tahun 2020,” ujar 

Direktur Utama BSI, Hery Gunardi, lewat keterangan tertulis, Senin (23/8).

Sampai akhir tahun 2021, BSI, menurut Hery, menargetkan 3 juta pengguna baru BSI Mobile dan juga target fee based sebesar Rp 532 miliar dari transaksi e-channel. Jumlah pengguna BSI Mobile sampai  tanggal 17 Agustus 2021 tercatat lebih dari 2,7 juta user atau meningkat 79,4% sejak awal 2021 secara YoY dengan pertumbuhan user aktif mencapai lebih dari 1,1 juta nasabah atau meningkat sebanyak 92,5% secara YoY. Berdasarkan data posisi Juli 2021, transaksi mobile banking merupakan kontributor fee-based income terbesar. Secara performance fee based mobile banking terjadi peningkatan sebanyak Rp 12,9 miliar atau naik 71,85% sejak awal 2021 secara YoY.

Peningkatan tersebut juga didorong oleh tingginya aktifitas transaksi pembayaran belanja yang dilakukan nasabah BSI di e-commerce seperti Tokopedia dan Shopee yang mengalami kenaikan sebesar triple digit selama Juli 2021 secara tahunan (YoY). Di sisi lain, transaksi top up e-wallet diantaranya GoPay juga mengalami kenaikan triple digit dan transaksi OVO naik double digit secara tahunan (YoY).

Untuk memberikan kenyamanan lebih,  BSI meluncurkan inovasi digital pembukaan rekening secara online (digital onboarding) kurang dari 5 menit melalui fitur ‘Biometric-Face Recognition’ di aplikasi BSI Mobile.  BSI menargetkan pembukaan rekening online mencapai 1 juta nasabah. BSI juga bertekad terus berinovasi menghadirkan fitur-fitur baru di aplikasi BSI Mobile, seperti fitur Pay Later dan Mitraguna Online. Melalui BSI Mobile, nasabah bisa menabung emas, gadai emas, membayar ZISWAF dan membeli hewan kurban, bahkan mengecek waktu sholat dan lokasi masjid terdekat

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)