E-commerce Hartadinata Permudah Wholesaler Dapatkan Desain Perhiasan

(kiri) Sandra Sunanto, Direktur Utama PT Hartadinata Abadi, Tbk

PT Hartadinata Abadi Tbk. (Hartadinata), produsen dan penyedia perhiasan emas terintegrasi di Indonesia, merilis jaringan distribusi terbaru melalui e-commerce.

Dengan transaksi penjualan elektronik ini, akan mampu memperpendek waktu perputaran permintaan dan penyediaan desain perhiasan emas, yang merupakan faktor kunci dalam jual-beli perhiasan dari yang sebelumnya bisa lebih dari 7 hari, menjadi 1-2 hari. Platform ini ditujukan kepada wholeseller dan retailer Hartadinata sehingga sifatnya masih business to business.

Hal ini merupakan realisasi dari strategi bisnis Hartadinata dimana sekitar 2% dari total dana initial public offering (IPO) akan digunakan untuk membuat platform katalog digital. Tujuannya, untuk mempercepat pengiriman produk ke gerai ritel dengan memberikan disain produk terbaru secara real- time.

Sandra Sunanto, Direktur Utama PT Hartadinata Abadi, Tbk mengatakan, dalam skema distribusi konvensional, sebagian besar penjualan bergantung pada kemampuan wholesaler dalam membeli produk perusahaan dalam skala yang besar dan mendistribusikan kembali ke jaringan distribusi mereka sendiri. Hal ini bisa memakan waktu dalam hitungan minggu untuk menjangkau konsumen akhir.

Namun, dengan e-commerce ini, gerai ritel dan pedagang grosiran bisa mendapatkan akses real-time ke platform e-commerce perusahaan yang menampilkan produk terbaru yang tersedia untuk pre-order. Gerai retail juga bisa langsung meminta persediaan ulang dengan model terbaru, dengan pengiriman dalam hitungan hari.

Cuncun Muliawan, Direktur Produksi dan Operasional PT Hartadinata Abadi Tbk.,menjelaskan, “Seluruh proses pemesanan dan konfirmasi barang pesanan dapat dilakukan secara online. Kami juga memantau pendistribusian barang melalui e commerce hrta.store, sehingga barang bisa kami jamin sampai di retailer. Kami menyadari dengan teknologi yang terus berkembang, kami harus ikut beradaptasi dan memanfaatkan teknologi tersebut untuk kemajuan perusahaan kami.”

Perusahaan juga dapat melihat masukan dari konsumen mengenai perbaikan model produk agar sesuai dengan permintaan. Pasar perhiasan selalu meminta model terbaru setiap bulan dan perusahaan terus menerus melakukan inovasi model baru tiap bulan. Agar konsumen bisa mendapatkan produk dengan desain terbaru, maka e-commerce menjadi platform yang tepat dalam memenuhi kebutuhan konsumen akan pembaaruan desain.

Kiprah Hartadinata di industri perhiasan emas sudah berjalan lebih dari 28 tahun. Pabrikan asal Bandung ini merupakan pemain utama dalam industri perhiasan emas ndonesia yang memiliki bisnis yang terintegrasi secara vertikal, mulai dari pabrik (manufaktur), penjualan grosir (wholesaler), dan penjualan eceran. Model bisnis terintegrasiini memberikan keunggulan dengan tersedianya pasar yang terjamin. Sejak berdiri hingga kini, Hartadinata telah menjalin hubungan dengan lebih dari 600 toko emas di seluruh Indonesia, memiliki empat pabrik dan beberapa toko ritel sendiri.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)