E-Commerce Kuasai 63% dari Total Belanja Iklan 2017

Eksekutif Direktur Nielsen Indonesia, Hellen Katherina, mengatakan, di Indonesia, e-commerce menguasai 63% dari total belanja iklan sepanjang 2017 lalu. Nilainya pun cukup besar yakni mencapai Rp 4,6 triliun. Di urutan kedua adalah produk perawatan rambut yang menguasai 47% dengan nilai Rp4,1 trilun dan urutan ketiga adalah pemerintah dan partai politik, yang menguasai 21% dengan nilai Rp2,7 trilun.

"Mereka tidak hanya beriklan di commercial break , tetapi juga mengisi atau masuk menjadi sponsorship di program televisi," jelas Hellen. Strategi belanja iklan lainnya dari e-commerce adalah menjadi soponsor utama dari dua perhelatan besar yakni WOrld Cup dan Asian Games. di kedua perhelatan tersebut, e-commerce berkontribusi 21% dari total iklan yang mendukung acara tersbeut.

Nielsen juga telah meriset lebih jauh mengenai belanja iklan di platform digital. Ternyata e-commerce lebih banyak menempatkan iklannya di kanal video striming Youtube (60 - 90%), lalu di urutan kedua adalah di portal berita online rata-rata 15 - 20 %.

Agresivitas e-commerce mengeluarkan bujet untuk belanja iklan ini tidak lain didorong oleh semakin maraknya aktivitas belanja online oleh masyarakat. Hasil riset Nielsen menunjukkan 30% dari 90% pengguna aplikasi belanja online itu berbelanja online paling sedikit satu kali dalam seminggu. Kemudian jumlah uang yang dibelanjakan, 67% di bawah Rp500 ribu, tetapi ada juga yang 13% belanjanya di atas Rp1 juta rata-rata transaksinya.

Lalu apa saja yang dibeli ? Ternyata produk fesyen adalah yang nomor satu paling banyak dibeli lewat online, 71% orang yang berbelanja online membeli fesyen. Lalu di urutan kedua adalah gadget atau elektronik (44%), ketiga tiket berpergian dan memesan hotel (36%). Dalam setahun nilai perputaran uang dari transaksi bisnis online shopping mencapai Rp74 triliun (data Nielsen tahun 2016).

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)