Trends Economic Issues

E-Money Edisi Nasionalisme Dukung Bangga Buatan Indonesia

Bank Mandiri meluncurkan edisi spesial kartu Mandiri e-money dengan tiga tema unik, yakni edisi Bangga Buatan Indonesia (BBI), Wonderful Indonesia, dan Mandiri Era Patriot. Inisiatif ini merupakan bentuk konsistensi dukungan perseroan kepada kampanye Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang telah digaungkan pada tahun lalu.

Dalam penerbitan kartu e-money edisi spesial tersebut, Bank Mandiri bekerja sama dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Badan Usaha Milik Negara, dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Direktur Jaringan & Retail Banking Bank Mandiri Aquarius Rudianto mengatakan, gerakan ini bertujuan agar masyarakat Indonesia mencintai dan menggunakan karya anak bangsa. Terutama produk-produk UMKM lokal, termasuk karya komik Nusantara hasil kreasi anak bangsa.

“Gerakan BBI merupakan satu terobosan yang perlu kita dukung agar benar-benar efektif dan masif dalam menggunakan produk-produk lokal. Inisiatif ini sekaligus mendorong gerakan Bangga Berwisata di Indonesia,” ujarnya dalam peluncuran secara virtual, Jumat (09/04/2021).

Dia melanjutkan, pihaknya berupaya menampilkan pilihan desain kartu yang khas Indonesia dengan kombinasi gambar dan warna yang menarik pada tiga edisi ini. Pada edisi Bangga Buatan Indonesia misalnya, Bank Mandiri menampilkan seni budaya yang menjadi ciri khas atau identitas Indonesia, yakni seni lompat batu dari Pulau Nias, seni tari tradisional Bali, seni kuda lumping dari tanah Jawa, seni musik tradisional dengan gamelan Jawa dan seni pakaian tradisional.

Adapun pada edisi Wonderful Indonesia, desain kartu yang ditampilkan merepresentasikan lima destinasi wisata super prioritas, yaitu Mandalika (NTB), Likupang (Sulawesi Utara), Labuan Bajo (NTT), Toba (Sumatera Utara), dan Borobudur (Jawa Tengah)

Khusus pada e-money edisi Era Patriot, Bank Mandiri berkolaborasi dengan Bumi Langit Digital Mediatama, sebagai pengelola intellectual property (IP) lokal terbesar Indonesia untuk menampilkan karakter Pahlawan Super Lokal karya seniman Indonesia. Ada empat karakter Jagoan lokal yang diangkat dalam edisi ini, yaitu Gundala, Sri Asih, Godam dan Aquanus.

Melalui kolaborasi ini, Direktur Utama Bumilangit Digital Mediatama Budiasto Kusuma berharap, karakter IP dari Bumilangit lebih dapat diakses oleh publik dan memberikan keceriaan bagi kehidupan masyarakat Indonesia.

“Kami berharap kolaborasi ini dapat membangkitkan kebanggaan masyarakat pada budaya lokal, sekaligus menjadi dukungan pada industri lokal dan ajakan agar masyarakat terus membangun ekonomi kreatif nasional. Kami juga menantikan kemitraan yang berkelanjutan dengan Bank Mandiri dan membawa lebih banyak lagi inisiatif berbasis konten ke dalam proses komersialisasi.”

Dengan kehadiran tiga edisi terbaru ini, maka secara keseluruhan Bank Mandiri telah menerbitkan lebih dari 23 juta kartu berlogo Mandiri e-money, baik dalam desain reguler ataupun edisi spesial. Harapannya, inisiatif ini juga dapat mendukung pengembangan bisnis perseroan di segmen kartu prabayar berbasis chip ini.

“Per 31 Maret 2021, kartu e-money Bank Mandiri yang beredar mencapai 23,2 juta atau tumbuh hampir 11% dari tahun lalu dengan pengguna aktif sebesar 6 juta. Sementara itu, selama Januari-Maret 2021 tercatat ada 237 juta transaksi dengan volume mencapai Rp 4 triliun,” papar Aquarius.

Aquarius menambahkan, pada tahap awal pihaknya akan menerbitkan kartu Mandiri e-money berdesain tiga tema ini secara terbatas, yang akan diedarkan terlebih dahulu melalui platform daring Tokopedia dan Blibli.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved