East Ventures dan SV Investment Kucurkan Dana US$100 Juta di Asia Tenggara | SWA.co.id

East Ventures dan SV Investment Kucurkan Dana US$100 Juta di Asia Tenggara

East Ventures, perusahaan venture capital (VC) di Indonesia dan Asia Tenggara, dan SV Investment, perusahaan venture capital & private equity yang berbasis di Seoul, Korea, pada 5 Oktober 2023 mengumumkan East Ventures South Korea fund in partnership with SV Investment dengan target sebesar US$100 juta. 

Dana ini bertujuan untuk membuka koridor investasi antara ekosistem usaha atau bisnis di Asia Tenggara dan Korea, yang meliputi investasi dana, transfer pengetahuan, dan berbagi jaringan (network). Dana tersebut akan diinvestasikan pada startup dan perusahaan yang menjanjikan di beberapa sektor atau industri utama, seperti biotech & healthcare, mobilitas masa depan (future mobility), teknologi ramah lingkungan (green technology), media & konten, dan lainnya.

Pendanaan ini menunjukkan sinergi yang kuat antara keahlian mendalam East Ventures dalam ekosistem startup di Indonesia dan Asia Tenggara serta pengalaman SV Investment yang kaya di pasar Korea Selatan. Bersama-sama, mereka ingin mewujudkan potensi besar dari dibentuknya koridor Indonesia-Korea Selatan ini untuk membina dan mempercepat pertumbuhan startup di kedua kawasan.

"Kemitraan strategis ini merupakan bukti komitmen kami untuk mendorong lebih banyak inovasi dan membentuk Asia Tenggara yang sehat dan produktif untuk generasi saat ini, esok, dan masa depan,” kata Roderick Purwana, Managing Partner East Ventures.

Kemitraan antara Indonesia dan Korea memberikan harapan besar bagi kolaborasi di industri teknologi dan ekosistem startup. Dengan perekonomian kedua negara yang dinamis dan komitmen bersama terhadap inovasi, kedua negara siap untuk mendorong pertukaran pengetahuan, sumber daya, dan keahlian. Indonesia memiliki pasar yang sedang berkembang dan kumpulan talenta muda yang melek teknologi, sedangkan Korea memiliki rekam jejak keunggulan teknologi dan jangkauan global. Dengan bekerja sama, Indonesia dan Korea dapat mempercepat pertumbuhan startup, meningkatkan kemampuan teknologi, dan memanfaatkan peluang besar di Asia Tenggara dan sekitarnya.

H.E. Gandi Sulistiyanto, Duta Besar Indonesia untuk Republik Korea menjadi Tamu Kehormatan pada acara penandatanganan Nota Kesepahaman bersejarah ini. Dalam sambutannya, Dubes Sulistiyanto menyampaikan pernyataan Presiden Joko Widodo pada KTT ASEAN di Jakarta yang menyerukan ekonomi digital dan startup sebagai pendorong Episentrum Pertumbuhan ASEAN.

Dubes Sulis menekankan pentingnya kolaborasi antara Indonesia, Korea, dan negara-negara lain dalam menciptakan ekosistem ekonomi digital dan startup. Lebih lanjut, ia menegaskan bahwa Divisi Ekonomi Digital dan Kreatif di KBRI bertugas menjembatani pemangku kepentingan ekonomi digital dan startup Indonesia dengan mitra Korea dan lainnya. Dubes Sulis membentuk Divisi ini pada awal tahun 2022, saat dia menjabat sebagai Duta Besar.

East Ventures South Korea fund in partnership with SV Investment akan dikelola secara kolaboratif oleh perusahaan modal ventura terkemuka dari kedua negara, yang bertujuan untuk memfasilitasi para startup dan perusahaan teknologi Korea dalam menarik modal asing, mempromosikan IPO perusahaan di luar negeri, dan bertukar keahlian dan pengetahuan yang berharga antar ekosistem.

Selain itu, kerja sama strategis ini diharapkan dapat memberikan peluang bagi para investor untuk melakukan investasi di perusahaan teknologi Asia Tenggara yang bisa bertumbuh dan berevolusi dari layanan berbasis platform konsumen ke layanan intensif teknologi.

David Junghun Bang, Managing Partner SV Investment mengatakan, SV Investment melihat potensi besar di Asia Tenggara, dan koptimistis Indonesia memimpin pertumbuhan sebagai negara dengan perekonomian terbesar di kawasan ini.

"Kolaborasi ini akan membuka pintu bagi startup teknologi Korea dan Asia Tenggara yang telah berusaha keras untuk berkembang di pasar global, dan menunjukkan komitmen kami untuk terus mendukung mereka. Saya yakin bahwa pengalaman investasi SV Investment yang telah terbukti di industri teknologi serta portofolio dan jaringan East Ventures yang luas, akan membawa perubahan positif pada ekosistem ventura di Korea dan Asia Tenggara," ungkapnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)