Menperin: Grab Berminat Investasi Daur Ulang Ponsel

Kemenperin

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita telah berdialog dengan pihak Grab dalam rangka investasi daur ulang ponsel (remanufacturing mobile phone). Hal tersebut merupakan hasil pertemuan Menperin dengan Grab pada rangkaian agenda menghadiri World Economic Forum (WEF) 2020 di Davos, Swiss.

“Saya juga sudah berbicara dengan pihak Grab. Mereka ada niat melakukan investasi remanufacturing dari mobile phone yang sudah relatif tua atau sudah rusak, yang nantinya menjadi mobile phone baru,” ujar Agus dalam siaran persnya (26/1/2020).

Menperin berharap investasi Grab dapat mendukung kebutuhan
masyarakat Indonesia dalam kesiapan memasuki perkembangan industri
4.0. Sebab, di era tersebut, salah satunya yang dibutuhkan adalah
penggunaan teknologi komunikasi digital seperti ponsel.

Menanggapi rencana investasi Grab untuk melakukan remanufacturing ponsel di Indonesia, Presiden Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata menjelaskan, remanufacturing ponsel yang dimaksud adalah untuk menghasilkan ponsel-ponsel yang lebih terjangkau di masyarakat guna meningkatkan potensi ekonomi digital di Indonesia yang diproyeksi mencapai US$100 miliar.

Berdasarkan catatan Kementerian Perindustrian, industri Handphone, Komputer dan Tablet (HKT) merupakan salah satu sektor strategis yang dalam perkembangannya menunjukkan tren meningkat dan berkontribusi positif bagi perekonomian nasional. Data pada tahun 2018 menunjukkan, industri HKT dalam negeri mampu memproduksi sebanyak 74,7 juta unit, meningkat 23% dari tahun 2017 yang memproduksi sekitar 60,5 juta unit.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)