BI Luncurkan Laporan Perekonomian 2019

Bank Indonesia meluncurkan buku Laporan Perekonomian Indonesia (LPI) 2019 secara digital pada Senin (30/3/2020). LPI 2019 mengangkat tema “Sinergi, Transformasi, dan Inovasi: Menuju Indonesia Maju”. Buku LPI adalah publikasi rutin tahunan Bank Indonesia (BI) yang memuat kinerja ekonomi Indonesia dalam satu tahun dan prospeknya. Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, mengungkapkan pembahasan buku dilakukan secara sistematik dan analitik dengan desain visual yang menarik.

“Penulisan buku disajikan secara tematik melalui pembahasan Evaluasi Perekonomian dan Prospek, Sinergi Kebijakan Ekonomi Nasional, Bauran Kebijakan Bank Indonesia, Reformasi Struktural Pemerintah. Secara khusus juga disisipkan blue print sistem pembayaran Indonesia 2020-2025 diarahkan untuk memperkuat integrasi ekonomi keuangan digital,” jelasnya.

Dalam evaluasi terhadap kinerja ekonomi 2019, LPI mencatat bahwa sinergi kebijakan yang ditempuh Pemerintah RI, Bank Indonesia, dan otoritas terkait dapat membawa perekonomian Indonesia 2019 tetap berdaya tahan. Stabilitas ekonomi nasional terjaga dan momentum pertumbuhan ekonomi tetap berlanjut, di tengah banyak negara lainnya berusaha keras meningkatkan kinerja ekonominya.

Sinergi kebijakan diarahkan untuk mempertahankan stabilitas, mendorong pertumbuhan, dan mempercepat transformasi ekonomi menuju negara maju. Pemerintah meningkatkan stimulus fiskal untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan tetap menjaga prospek kesinambungan fiskal. Bank Indonesia menempuh bauran kebijakan akomodatif untuk mendorong momentum pertumbuhan ekonomi, dengan tetap menjaga stabilitas moneter dan mendukung stabilitas sistem keuangan. Selain itu, berbagai pemangku kebijakan juga terus memperkuat kebijakan struktural untuk peningkatan kapasitas perekonomian.

“Kami memprakirakan perekonomian Indonesia kembali meningkat pada 2021 dan menguat dalam jangka menengah. Prospek tersebut ditopang oleh tiga elemen penting yakni Sinergi, Transformasi, dan Inovasi,” tambah Gubernur BI.

Uraian lebih lengkap LPI 2019 dapat diunduh dalam format digital, baik akses melalui aplikasi QR code maupun website Bank Indonesia.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)