Listed Articles Technology Trends Economic Issues zkumparan

Chatbot LISA, Terobosan Baru BI

Bank Indonesia (BI) meluncurkan layanan chatbot LISA (Layanan Informasi Bank Indonesia), sebuah kecerdasan buatan yang menirukan percakapan manusia melalui pesan teks. Chatbot LISA dapat diakses melalui aplikasi Whatsapp, Line Messenger, dan Facebook Messenger.

“Peluncuran chatbot LISA merupakan bentuk terobosan baru yang dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memperoleh informasi terkait BI,” ujar Deputi Gubernur BI, Doni Primanto Joewono, dalam peluncuran chatbot LISA, (9/11/2020). Lebih lanjut ia menyampaikan, BI akan terus berkomitmen untuk menjadi lembaga publik yang menjunjung tinggi transparansi dalam memberikan layanan informasi.

Chatbot LISA menjadi kanal baru dalam diseminasi informasi publik Bank Indonesia, untuk saat ini terkait Kurs Bank Indonesia, Perizinan QR Code Indonesian Standard (QRIS), Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI (UPK 75 RI), informasi debitur, serta layanan Contact Center BICARA 131 lainnya.

Layanan chatbot 24 jam selama setiap hari dapat diakses melalui Whatsapp Messenger dan dengan menambahkan @bank_indonesia pada layanan Line Messenger. Sementara itu, layanan chatbot Facebook Messenger Bank Indonesia dapat diakses di luar jam operasional BICARA 131, pada Senin-Jumat di luar jam 08.00-16.00 WIB dan Sabtu-Minggu selama 24 jam.

Dalam kesempatan yang sama juga dilakukan penyerahan serifikat perpanjangan ISO 9001:2015 standar internasional manajemen mutu oleh perusahaan penyedia layanan sistem sertifikasi, TUV SUD Indonesia, kepada pusat komunikasi (contact center) BICARA 131. Selama perjalanan tahun 2016 sampai dengan tahun 2020, BICARA 131 terus menunjukan konsistensinya untuk menjadi pusat komunikasi (contact center) yang memiliki bisnis proses berstandar internasional.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved