Ini 3 Koridor LRT

Berbagai upaya dilakukan untuk mengurai kemacetan di wilayah Ibukota Jakarta. Salah satu proyek infrastruktur prestisius yang sedang digarap adalah pembangunan Light Rail Transit (LRT). Kehadiran LRT Akan menjadi andalan bagi masyarakat Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi.

Tahap pertama pengembangan LRT meliputi koridor Cawang-Cibubur sepanjang 14,3 kilometer. Lintasan LRT ini direncanakan memiliki lima stasiun di antaranya, Cawang, Taman Mini, Kampung Rambutan, Ciracas, dan Cibubur. Nilai kontraknya sekitar Rp 20 triliun.

Sedangkan lintasan kedua, yakni Cawang-Dukuh Atas memiliki panjang 10,5 kilometer di mana akan berdiri 6 stasiun di antaranya adalah Cawang, Pancoran, Kuningan, Rasuna Said, Setia Budi, dan Dukuh Atas. Dimana Stasiun Dukuh Atas, akan menjadi lokasi antar moda DKI Jakarta, mulai dari Transjakarta, KRL, dan LRT. Nilai kontraknya sekitar Rp 16 triliun.

 Budi Harto Direktur Utama PT Adhi Karya (Persero) Tbk bersama direksi saat mengunjungi proyek LRT.
Budi Harto Direktur Utama PT Adhi Karya (Persero) Tbk bersama direksi saat mengunjungi proyek LRT.

Menurut Budi Harto Direktur Utama PT Adhi Karya (Persero) Tbk, rencananya untuk tahap pertama ditargetkan selesai tahun 2018, sedangkan tahap kedua sekitar tahun 2020. Rencananya, koridor pertama dari Cawang sampai Cibubur melayang semua, kecuali ketika lintasan melewati daerah Halim Perdanakusuma.

"Kita tidak boleh melebihi ketentuan KKOP jadi dibuat datar, nanti setelah lewati UKI jalur akan masuk ke tepi tol, kalau arah Bogor, yang berada sebelah kiri. Kemudian menyilang saat masuk ke Kampung Rambutan," katanya.

Sedangkan, koridor dua dari Cawang terletak di selatan Jalan Arteri, sampai ke Mampang, di Mampang akan naik sampai level ketiga kemudian belok masuk ke jalur sebelah kanan ketika masuk ke kawasan kuningan, itu terus sampai Dukuh Atas, rencananya juga akan menggunakan eks-monorel.

Untuk koridor tiga, yakni Cawang-Bekasi Timur, lintasan LRT memiliki panjang 18,3 kilometer. Tidak jauh berbeda dengan lintas layanan 1, rencananya jalur LRT akan berada di tepi jalan tol juga, dengan stasiun akhir di dekat pintu tol Bekasi Timur yang juga berdiri apartemen Grand Dhika City.

"Kemajuan pembangunan sudah tampak progressnya secara signifikan.
Sampai saat ini pengerjaan tahap 1 telah dilakukan dari Cibubur - Cawang, Bekasi timur - Cawang dan Cawang - kuningan - Dukuh Atas," kata Budi.

Total panjang enam lintasan LRT sejauh 81,6 kilometer. Progres pekerjaan tahap pertama sudah 7 persen dengan serapan sekitar Rp 1 triliun. Kehadiran LRT, tentunya menjadi salah satu moda transportasi yang diharapkan dapat menekan angka kemacetan serta memudahkan konektivitas masyarakat di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)