Optimalisasi Aset Negara Menyokong Pemulihan Ekonomi Nasional

Menkeu, Sri Mulyani Indrawati. (Tangkapan layar : Vicky R/SWA)

Optimalisasi aset negara berpotensi memaksimalkan penerimaan negara . Untuk itu, ketrampilan manajer aset dalam mengelola aset negera perlu ditingkatkan agar memacu produktivitas. Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengatakan bahwa aset negara merupakan alat fiskal yang penting sebagai pendukung pemulihan ekonomi nasional. Pemerintah berharap dalam penggunaan anggaran dipakai untuk pembangunan sarana, prasarana dan fasilitas umum tidak hanya mendapatkan asetnya namun juga harus dapat dioptimalkan.

Oleh karena itu, dibutuhkan manajer aset (asset manager) yang memiliki ide inovatif, kreatif, kritik dan produktif agar aset optimal dan asetnya yang bekerja. “Inilah pentingnya banyak SDM yang harus diciptakan memiliki rasa, inovasi, dan motivasi dalam mengelola aset negara sehingga memberikan manfaat, nilai tambah secara ekonomi maupun sosial, dan bekerja secara optimal,” ujar Sri Mulyani di sela-sela kompetisi adu konsep dan gagasan optimalisasi aset negara bertajuk The Asset Manager di Jakarta, Selasa (24/11/2020)

Kompetisi ini diikuti oleh lebih dari 50 tim dari kementerian/lembaga, Badan Layanan Umum, pemerintah daerah maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang digelar Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN). Kompetisi ini digelar LMAN untuk menggaungkan kolaborasi, sinergi dan inovasi pengelola barang milik negara untuk melaksanakan optimalisasi aset negara dengan inovatif dan kreatif, guna mendatangkan manfaat untuk publik

Para finalis The Asset Manager 2020 diharapkan dapat memberikan ide, menularkan kreativitas dan memberikan elemen positif kepada seluruh asset manager di Indonesia untuk memanfaatkan aset dengan pemikiran yang lincah, kreatif, namun juga paham mengenai risiko. Sri Mulyani berharap LMAN terus memberikan inspirasi dan edukasi bagi seluruh asset manager di Indonesia untuk memiliki talenta, ketrampilan dan produktivitas yang akan sangat membantu Indonesia dalam membangun dan mencapai cita-cita menjadi negara maju. 

LMAN adalah lembaga yang didirikan dengan mandat melaksanakan optimalisasi aset negara, telah mengeluarkan beberapa kebijakan dalam rangka mendukung program pemulihan ekonomi nasional, diantaranya adalah kebijakan relaksasi terkait biaya dan masa penggunaan aset kelolaan LMAN, terutama terhadap aset yang digunakan untuk UMKM. Selain itu, beberapa aset kelolaan LMAN juga digunakan untuk mendukung upaya penanganan Covid-19, diantaranya adalah aset Rumah Sakit Arun dan Puskesmas Gambir.

Dalam pemanfaatan aset negara, LMAN tidak hanya berorientasi pada perolehan manfaat finansial, namun juga manfaat sosial dan ekonomi,
walaupun PNBP perolehan LMAN dari pengelolaan aset properti dan advisori sampai saat ini sudah mencapai Rp 549 miliar atau 102% dari target PNBP LMAN tahun 2020. Optimalisasi aset negara merupakan upaya bersama, sehingga memerlukan orkestrasi yang baik antar seluruh pengelola aset negara, untuk menghasilkan sinergi dan kolaborasi peamnfaatan aset negara yang berdaya guna bagi pemulihan ekonomi nasional di masa dan paska Covid-19.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)