Penguatan Ekonomi dan Keuangan Syariah, BI Gandeng PP Muhammadiyah

Salah satu upaya penguatan ekonomi dan keuangan syariah yang dilakukan Bank Indonesia salah satunya adalah dengan menggandeng PP Muhammadiyah melalui penandatanganan Nota Kesepahaman. Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan ada tiga aspek penting dalam bekerja sama dengan PP Muhammadiyah. Pertama, pengembangan ekonomi syariah melalui pemberdayaan ekonomi berbasis umat. Beberapa pendekatan dalam pengembangan tersebut diantaranya pendekatan klasterisasi kelompok, peningkatan kapasitas bantuan teknis, akses pembiayaan dan digitalisasi. 

Kedua, ilmu yang diamalkan. Dalam implementasinya Bank Indonesia melakukan berbagai program pengembangan ekonomi keuangan syariah diantaranya dalam bentuk pelatihan, berbagai program pemberdayaan ekonomi dan keuangan syariah termasuk mengelola wakaf produktif. 

Yang ketiga, kerja sama ini untuk menjaga silaturahim dan saling tolong menolong, saling mengingatkan dan mengajarkan dalam hal kebajikan,” ujar Perry dalam siaran pers di Jakarta (17/9/2021).

Sementara itu, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, turut menyampaikan dua hal yang menjadi harapan dalam pengembangan ekonomi syariah. Pertama, untuk meningkatkan kualitas ekonomi umat dari menengah agar naik kelas ke tingkat atas dalam kualitas unggul dan terbaik. Kedua, ekonomi dan keuangan syariah diharapkan dapat mengangkat harkat martabat dan memajukan UMKM, mengentaskan kemiskinan dan kesenjangan sosial serta masalah ekonomi akibat pandemi.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)