Pertemuan IMF di Bali Jadi Kesempatan Indonesia Tarik Investor

Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo, mengatakan, pertemuan tahunan dari lembaga moneter dunia IMF yang rencananya akan diselenggarakan di Bali pada Oktober 2018 mendatang bisa menjadi kesempatan emas bagi Indoenesia untuk menarik investor.

Rencananya semua komunitas keuangan dari 189 negara akan hadir di ajang tahunan IMF di Bali.  Seluruh stakeholders utama di bidang keuangan akan bertemu di sana. Diperkirakan akan ada 15 ribu pengunjung. “Itu tentu akan membawa dampak ekonomi yang baik untuk Indonesia, khususnya Bali,” ujar Agus saat ditemui usai membuka Konferensi Tingkat Tinggi IMF dan Bank Indonesia di Jakarta, yang merupakan satu rangkaian acara.

Selain itu, menurut Agus ada hal lain yang menjadi kesempatan terbaik bagi Indonesia dengan adanya pertemuan tersebut. Yaitu  20 tahun setelah Indonesia mengalami krisis keuangan (1998), kini Indonesia punya kesempatan untuk menjelaskan kepada dunia bahwa negara ini sekarang sudah berubah menjadi Indonesia yang sudah reform, resilience, dan progresif. Lewat forum itu juga,Indonesia akan punya kesempatan untuk memperlihatkan kepada dunia kemajuan-kemajuan yang telah dicapai selama 20 tahun ini.

“Paling tidak kami akan menjelaskan tentang Indonesia yang sekarang sudah kembali menjadi ratting investment grade,” ujar Agus. Indonesia sempat “hilang “ dari daftar investment grade sejak 1997. Kini, nama Indonesia sudah kembali dalam daftar tersebut yang layak dilirik para investor asing.

“Sehingga semua orang yang mau investasi ke Indonesia tentu akan punya gambaran mengenai prospek yang baik di Indonesia, dan kami juga lihat bagaimana global fund managers itu mengalokasikan dana untuk bisa investasi di Indonesia yang semakin besar,” jelas Agus. Lewat pertemuan itu, negara kita pun memiliki peluang menjelaskan ke dunia khususnya bidang keuangan, bahwa Indonesia sudah masuk dalam top 15 negara tujuan investasi di dunia.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!