Prediksi Sri Mulyani: Pertumbuhan Ekonomi RI Kuartal III Tahun Ini Capai 5 Persen

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Foto https://beacukai.bisnis.com)
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Foto https://beacukai.bisnis.com)

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan efektivitas Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat dalam mengendalikan Covid-19 varian delta telah memberikan dampak positif di Tanah Air. Salah satunya adalah meningkatnya proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal III.

"Kalau kita lihat, kuartal III pertumbuhan kita proyeksinya meningkat menjadi 4-5 persen," ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers, Kamis, 23 September 2021.

Peningkatan proyeksi tersebut dilihat dari berbagai indikator, baik di sisi konsumsi maupun produksi. Ia mengatakan ekonomi Indonesia cukup resilience meskipun dihantam varian delta yang cukup berat.

Membaiknya prediksi pertumbuhan ekonomi itu, menurut Sri Mulyani, memberikan optimisme bahwa pertumbuhan ekonomi bisa lebih baik lagi di kuartal IV 2021. Asumsinya, varian baru Covid-19 dan imbasnya bisa dikendalikan dengan baik.

"Sehingga aktivitas itu tidak harus diinjak rem lagi karena kita dihadapkan pada kenaikan jumlah kasus covid atau yang kita khawatirkan adalah masuknya rumah sakit dan menimbulkan ancaman kematian," tutur Sri Mulyani.

Pada kuartal III 2021, konsumsi rumah tangga diharapkan akan tumbuh di kisaran 2-2,4 persen. Ia berharap adanya akselerasi di dua pekan terakhir September 2021 bisa menambal pelemahan yang terjadi akibat PPKM di bulan Juli. Dengan demikian, bukan tidak mungkin konsumsi tumah tangga masih cukup baik.

Di sisi lain, konsumsi pemerintah diperkirakan di kisaran -0,9 persen hingga 0,1 persen. Selanjutnya investasi diproyeksikan si kisaran 4,9-5,4 persen, ekspor di kisaran 20,0-22,4 persen, dan impor di kisaran 24,0-25,2 persen.

"Secara overall, pertumbuhan ekonomi diproyeksikan antara 3,7 persen sampai 4,5 persen, di mana overall konsumsi kita tumbuh di antara 2,3 persen sampai 2,6 persen," kata Sri Mulyani.

Sumber: Tempo.co

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)