Presiden Jokowi Dukung Fintech Tingkatkan Keuangan Inklusif

Presiden Joko Widodo mendukung hadirnya financial technology (fintech) untuk memberi akses lembaga keuangan bagi masyarakat yang selama ini belum terjangkau layanan keuangan formal seperti perbankan. Fintech dapat menjadi solusi keuangan yang inklusif bagi masyarakat seperti pengusaha kecil, petani atau nelayan yang tinggal di daerah terpencil.

Presiden RI Joko Widodo bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani saat mengunjungi salah satu booth dalam ajang Indonesia Fintech Festival and Conference, di ICE BSD, (30/8). Presiden RI Joko Widodo bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani saat mengunjungi salah satu booth dalam ajang Indonesia Fintech Festival and Conference, di ICE BSD, (30/8).

Penggunaan aplikasi digital dalam sektor keuangan dapat membantu dalam memutus mata rantai yang panjang antara produsen dan konsumen. “Aplikasi dapat membantu petani, nelayan dan usaha kecil mikro menjadi lebih sejahtera karena harga yang tinggi tidak lagi dinikmati oleh perantara,” ujar Presiden Jokowi dalam sambutan pada acara Indonesia Fintech Festival and Conference (IFFC) yang digelar di ICE BSD, Tangerang, (30/8).

Menurutnya, saat ini kesadaran dan literasi masyarakat Indonesia mengenai jasa keuangan masih tergolong rendah. “Literasi keuangan masyarakat Indonesia yang tergolong baik jumlahnya hanya sekitar 21,8 persen dari jumlah penduduk. Padahal tingkat literasi keuangan seperti di Singapura sudah mencapai 96 persen, di Malaysia 81 persen, dan di Thailand 78 persen," tambah Presiden Jokowi.

Untuk itu Jokowi menginstruksikan kementerian dan lembaga terkait untuk melakukan langkah-langkah percepatan inklusi keuangan. Diantaranya perlunya perluasan lembaga jasa keuangan formal yang dibantu dengan fintech, peningkatan kapasitas masyarakat dari yang unbankable menjadi bankable, kebijakan yang mendukung keuangan inklusif, serta perlindungan konsumen.

Jokowi berharap pada generasi muda untuk bisa mengkorporasikan nelayan atau petani sehingga punya kekuatan dan akses ke pasar. “Hal yang sebelumnya tidak mungkin bisa menjadi terwujud berkat bantuan fintech. Saya optimis peningkatan inklusi keuangan adalah salah satu langkah penting untuk memangkas kesenjangan pendapatan masyarakat selama ini,” kata Presiden Jokowi. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)