Sederet Fakta Pertemuan Jokowi-Elon Musk: Harga Kaus Astronaut hingga Undangan ke RI

Presiden Jokowi bertandang ke markas SpaceX di AS dan bertemu dengan Elon Musk. (Foto: CNN Indonesia).
Presiden Jokowi bertandang ke markas SpaceX di AS dan bertemu dengan Elon Musk. (Foto: CNN Indonesia).

Presiden Joko Widodo alias Jokowi akhirnya bertemu dengn CEO Tesla, Elon Musk. Momen persamuhan itu dibagikan Jokowi lewat akun media sosial Instagram terverifikasi, @jokowi, Ahad, 15 Mei 2022.

Jokowi tampak berkeliling di Space X di Boca, Chica, Amerika Serikat. “Seusai berdiskusi dengan tuan rumah, Elon Musk mengajak saya meninjau lokasi fasilitas produksi roket SpaceX di Bocca Chica, Amerika Serikat,” kata Jokowi.

Perjumpaan keduanya telah direncanakan sejak akhir April lalu. Berikut fakta-fakta tentang pertemuan Jokowi dan Elon Musk.

  1. Undangan ke Indonesia

Jokowi mengundang Elon Musk ke Indonesia pada November mendatang dalam rangkaian G20. Jokowi menyatakan CEO Tesla itu pun memastikan bakal datang ke Tanah Air untuk membahas soal potensi kerja sama.

"Saya kira, dia sangat tertarik sekali untuk segera datang ke Indonesia dan tadi saya sudah sampaikan untuk bisa datang di Indonesia," ujar Jokowi dalam keterangannya.

Elon menyebut kunjungan ke Indonesia merupakan undangan langsung dari Jokowi. "Mudah-mudahan di bulan November, terima kasih atas undangannya," kata Elon.

  1. Busana santai di depan Jokowi hingga Luhut

Saat bertemu Jokowi, Elon Musk menggunakan kaus hitam dengan gambar astronaut.  Sementara itu, Jokowi tampak mengenakan kemeja dan celana kain hitam. Ini kali kedua Elon Musk mengenakan kaus saat bertemu dengan delegasi atau pejabat Indonesia. Sebelumnya, kala bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Elon Musk juga memakai pakaian serupa.

  1. Rencana kerja sama dengan Indonesia

Dalam kunjungan itu, Elon Musk mengatakan sangat tertarik dengan masa depan Indonesia yang terlihat sangat optimistis dan memiliki energi positif. "Saya rasa Indonesia memiliki potensi yang besar, dan saya rasa kita melalui Tesla dan SpaceX akan mencoba beberapa kerja sama dengan Indonesia," ujar Elon.

Lebih lanjut, Elon juga menyampaikan ketertarikannya untuk bekerja sama dengan Indonesia mengingat Indonesia memiliki potensi di banyak bidang. "Kami akan melihat dari dekat bentuk kerja sama di banyak hal, karena Indonesia memiliki banyak potensi. Apalagi Indonesia memiliki jumlah populasi dan terus berkembang. Ini bagus karena kita membutuhkan banyak orang di masa depan," kata Elon Musk.

  1. Jokowi berkeliling di SpaceX selama sejam

Jokowi bercerita ia berkeliling di SpaceX selama satu jam. Di Instagram-nya, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan sempat melihat-lihat dari dekat pabrik yang melahirkan roket-roket angkasa luar. Jokowi pun membagikan momen kunjungannya dengan Elon di salah satu titik di SpaceX.

  1. Harga kaus Elon Musk

Saat bertemu dengan delegasi Indonesia, Elon Musk selalu tampil mengenakan kaus. Warnanya pun identik hitam. Kaus itu merupakan apparael yang dijual di situs SpaceX  dengan koleksi bernama Men's Starman T-Shirt dengan gambar astronaut. Kaus dijual dengan harga US$ 30 atau sekitar Rp 439 ribu menurut situs resminya.  

Sumber: Tempo.co

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)