Sri Mulyani Bahas Pembiayaan Bencana di IMF-World Bank Meeting 2018

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan salah satu topik yang akan dibahas dalam kegiatan Annual Meetings IMF-World Bank Group 2018 (AM IMF-WBG 2018) di Bali adalah mengenai pengelolaan bencana dan pembiayaannya atau Disaster Risk Management dan Financing.

"Salah satu topik yang saya anggap penting untuk Indonesia adalah Disaster Risk Management dan Financing. Jadi kita masukkan dalam voyage, (Voyage to Indonesia / VTI). Dan saya ingin nanti di Bali ini salah satu event yang penting," ujarnya dilansir dari laman resmi Kemenkeu, (8/9/2018).

Sri Mulyani menyampaikan bahwa negara-negara yang rawan terkena bencana dapat saling belajar dan bertukar pikiran untuk mencari solusi pengelolaan bencana serta pembiayaannya. Pertemuan skala internasional ini juga akan dihadiri oleh para ahli, baik dari industri asuransi, para menteri keuangan, serta lembaga-lembaga multilateral, yang diharapkan dapat menciptakan sebuah sistem triasuransi.

"Kita akan saling gunakan ajang ini untuk tukar pikiran, saling belajar. Ada expert yang akan didatangkan. Kita akan bicara dengan industri asuransi, kita akan bicara diantara para Menteri Keuangan, Lembaga multilateral kalau mereka bisa membawakan asuransi membangun triasuransi," paparnya.

Menkeu berharap, hasil dari tukar pikiran ini dapat menghasilkan pemetaan, struktur dan sistem pembiayaan yang dapat dipelajari dan dikembangkan di Indonesia dalam mengelola resiko terhadap bencana alam.

"Karena ini masalah mengelola resiko dan bagaimana resiko itu dipetakan, distrukturkan, kemudian itu dibiayai, di-cover, itu semuanya adalah salah satu yang ingin saya belajar dan kembangkan di Indonesia," ungkapnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)