Capital Market & Investment Economic Issues

Tahun Ini Antam Targetkan Penjualan Emas 31.176 Kg

Produksi PT Antam

PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM) anggota Mind ID – BUMN Holding Industri Pertambangan, menargetkan capaian kinerja produksi dan penjualan segmen logam mulia yang positif tahun 2023.

“Untuk mencapai target tersebut, perusahaan aktif melakukan inovasi penjualan produk-produk logam mulia serta fokus pada upaya peningkatan basis pelanggan logam mulia di pasar dalam negeri seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat dalam berinvestasi emas sebagai instrumen lindung nilai,” ujar Syarif Fasial Alkadrie, Sekretaris Perusahaan Antam, dikutip dalam keterangan tertulis, Senin (13/02/2023).

Pada periode tahun 2022, Antam mencatatkan total volume produksi unaudited emas dari tambang Perusahaan sebesar 1.268 kg. Sementara itu volume penjualan unaudited emas pada 2022 tercatat sebesar 34.967 kg, tumbuh 19% jika dibandingkan capaian penjualan tahun 2021 sebesar 29.385 kg. Tahun lalu, Antam mencetak total volume produksi unaudited perak sekitar 8.203 kg, dengan volume penjualan unaudited perak tercatat 11.470 kg, tumbuh 15% jika dibandingkan capaian penjualan pada tahun 2021 sekitar 9.971 kg.

Terkait dengan rencana produksi logam emas, perusahaan menargetkan produksi emas tahun 2023 yang berasal dari tambang emas Pongkor sebesar 1.167 kg, meningkat 28% dari target produksi emas tahun 2022 sebesar 911 kg. Sedangkan, untuk penjualan emas tahun 2023 ditargetkan mencapai 31.176 kg, meningkat 11% dari target penjualan emas tahun 2022 sebesar 28.011 kg. Target penjualan emas tersebut seiring dengan outlook pertumbuhan tingkat permintaan emas di dalam negeri.

Pada 2023, target produksi logam perak direncanakan 7.536 kg, meningkat 13% dari target produksi perak tahun 2022 sebesar 6.643 kg. Sedangkan target penjualan perak mencapai 9.810 kg, meningkat 14% dari target penjualan perak tahun 2022 sebesar 8.643 kg. Jika dibandingkan dengan target tahun 2022, produksi emas unaudited Antam pada 2022 mencapai 139% dan capaian penjualan emas unaudited kisaran 125% dari target. Sedangkan untuk logam perak, produksi perak unaudited 2022 mencapai 123% dan penjualan perak unaudited mencapai 133% dari target tahun 2022.

Guna meningkatkan nilai tambah produk emas Logam Mulia (LM), pada bulan Oktober 2022, ANTAM melalui Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian (UBPP) Logam Mulia meluncurkan produk perhiasan dan emas batangan Batik Indonesia Seri III dengan empat motif batik warisan budaya nusantara Indonesia yaitu Batik Bokor Kencono, Batik Huk, Batik Srimanganti, dan Batik Mahkota Siger. Selain dikemas dalam bentuk emas batangan, keempat motif batik ini juga hadir dalam bentuk emas batik perhiasan berupa liontin.

Selain itu, pada Januari 2023, Antam melalui UBPP Logam Mulia memperkenalkan emas batangan tematik seri Imlek tahun 2023 Masehi/2574 Kongzili dengan desain tiga dimensi (3D) pertama di Indonesia. Shio Kelinci dengan elemen air menjadi identitas penting perayaan Imlek 2023, dimana menjadi pionir produk emas tiga dimensi di Indonesia. Produk emas batangan tematik Imlek 2023 tiga dimensi dibuat menggunakan teknologi modern. Emas batangan Imlek 2023 juga dilengkapi dengan fitur keamanan dan estetika yang menjadi keunggulan produk, di antaranya microtext, QR code dan rainbow effect pada permukaan produk.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved