Uang Baru Pecahan Rp 75.000 Dirilis, Berikut Ini Ciri-cirinya

 Uang baru pecahan Rp 75.000 (Dok. Bank Indonesia)
 Uang baru pecahan Rp 75.000 (Dok. Bank Indonesia)

Bank Indonesia menjelaskan sejumlah ciri-ciri bagian depan dan belakang uang baru pecahan Rp 75.000 yang resmi diluncurkan hari ini dalam menyongsong Ulang Tahun ke-75 RI, Senin,17 Agustus 2020.

Untuk mengenali bagian depan uang yang baru diluncurkan itu, masyarakat dengan melihat tampilan gambar utama Pahlawan Nasional Soekarno - Mohammad Hatta dan gambar bunga anggrek bulan yang di dalamnya berisi logo BI.

Logo BI ini akan berubah warna dan memiliki efek gerak dinamis apabila dilihat dari sudut pandang berbeda dan hasil cetak akan terasa kasar apabila diraba pada bagian gambar utama pahlawan. "Tulisan nominal tujuh puluh lima ribu rupiah pada sisi muka uang," kata BI dalam keterangan tertulisnya.

Selain itu, tanda air berupa gambar Soekarno - Hatta serta electrotype berupa angka '75' yang dapat diterawang. Ada juga gambar saling isi (rectoverso) dari logo BI dapat dilihat secara utuh apabila diterawangkan ke arah cahaya.

Hasil cetak yang memendar dalam satu atau beberapa warna apabila dilihat dengan sinar ultraviolet akan memperlihatkan gambar pengibaran bendera pada peristiwa Proklamasi 17 Agustus 1945. Ada pula gambar motif songket yang berasal dari daerah Sumatera Selatan dan jembatan Youtefa Papua.

Sementara pada bagian belakang uang tersebut, dapat dijumpai gambar anak Indonesia menggunakan pakaian adat daerah. Selain itu ada nomor seri yang meliputi 3 huruf dan 6 angka; hasil cetak yang terasa kasar apabila diraba pada bagian anak Indonesia.

Setelah itu, terdapat peta Indonesia dalam bola dunia, dan tulisan: “DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA, NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA MENGELUARKAN RUPIAH SEBAGAI ALAT PEMBAYARAN YANG SAH DENGAN NILAI TUJUH PULUH LIMA RIBU RUPIAH."

Penerbitan uang baru pecahan Rp 75.000 itu sedikitnya mengandung tiga makna penting bagi hari Kemerdekaan Indonesia yang kini berusia 75 tahun. Tiga filosofis itu, yakni mensyukuri kemerdekaan, memperteguh kebinekaan, dan menyongsong masa depan gemilang.

Uang Baru Peringatan Kemerdekaan RI ke-75 Dicetak 75 Juta Lembar

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo telah secara resmi merilis uang baru edisi Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 secara virtual pada hari ini, Senin, 17 Agustus 2020.

Sri Mulyani mengatakan, bahwa uang kartal tersebut berbentuk kertas dengan nominal pecahan Rp 75 ribu. "Dengan jumlah lembar yang dicetak sebanyak 75 juta yang ditandatangani oleh Menteri Keuangan selaku wakil pemerintah dan Gubernur Bank Indonesia," kata Sri Mulyani secara virtual, Senin, 17 Agustus 2020.

Sri Mulyani menuturkan, peluncuran ini sebagai wujud syukur atas anugerah dan pencapaian kemerdekaan yang telah dijalani selama 75 tahun. Dia mengatakan, uang ini bukanlah uang baru yang diedarkan secara bebas.

Uang ini juga bukan tambahan likuiditas untuk kebutuhan pembiayaan atau pelaksanaan kegiatan ekonomi. "Namun peluncuran uang rupiah khusus tersebut dilakukan di dalam rangka memperingati peristiwa atau tujuan khusus yang dalam hal ini peringatan Republik Indonesia yang ke-75 tahun," tutur Sri Mulyani.

Selain itu, kata Sri Mulyani, peluncuran uang edisi khusus ini ditujukan sebagai bentuk momentum bang Indonesia untuk mensyukuri kemerdekaan. Meskipun saat ini, Tanah Air sedang menghadapi wabah Covid-19.

Melalui peringatan kemerdekaan ke-75 Indonesia, Sri Mulyani juga mengajak untuk memperteguh dan menjaga kesatuan bangsa walaupun bermacam suku. "Serta bertujuan untuk menambah dan meningkatkan semangat kita di dalam menyongsong dan mencapai tujuan kemerdekaan," ucapnya.

Sri Mulyani  juga menceritakan bahwa filosofi kemerdekaan Indonesia juga tersirat dalam halaman depan uang edisi khusus nominal Rp 75 ribu tersebut. "Kemerdekaan ini digambarkan dengan peristiwa pengibaran bendera, proklamasi kemerdekaan RI tanggal 17 Agustsus 1945, foto proklamator Soekarno dan Hatta," tuturnya.

Sumber: Tempo.co

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)