Ekspansi Iruna Menjangkau Seluruh Indonesia

Selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja, UMKM juga berperan dalam mendistribusikan hasil - hasil pembangunan.

UMKM telah memberikan kontribusi pada Produksi Domestik Bruto (PDB) sebesar 57% - 60% dan tingkat penyerapan tenaga kerja sekitar 97% dari seluruh tenaga kerja nasional. Produktivitas dan kontribusi UMKM diproyeksikan untuk terus bertambah. Pasar e-commerce Indonesia diprediksi akan memiliki nilai sebesar US$130 miliar (sekitar Rp1,7 triliun). Di sisi lain,  pelaku UMKM juga mulai memasuki pasar  e-commerce.

Salah satu jalan untuk meningkatkan produktivitas adalah dengan meningkatkan efisiensi distribusi dalam transaksi dagang.  Iruns eLogistics  (Iruna) hadir di Indonesia yang memberikan platform solusi back-end untuk transaksi dagang secara terintegrasi yang diharapkan dapat mendorong perkembangan bisnis UMKM dan e-commerce.

Syaiful Rachman, COS Iruna eLogistics, mengatakan, "Penyimpanan barang kami dilakukan di sistem pergudangan yang terintegrasi disebut fullfillment center. Luas tiap fullfilment center sekitar 5.000 meter persegi, dimana akan dilengkapi dengan teknologi pengamanan 24 jam dan CCTV di setiap sudutnya," jelasnya.

Iruna eLogistics juga memiliki fasilitas penyimpanan dengan controlled environment, yaitu ruangan untuk produk berkebutuhan khusus  dengan pengaturan kondisi suhu, kelembaban, pencahayaan khusus, dan lain - lain untuk barang yang membutuhkan perhatian khusus. Pada tahun ini, Iruna memberikan free storage selama 90 hari pertama.

Pengguna jasa iruna dapat memantau status produk mereka melalui aplikasi Iruna Power Seller atau POWS. Melalui aplikasi POWS, pengguna dapat melihat ringkasan penjualan, status pemesanan, laporan transaksi , pengiriman, hingga stok yang tersedia. Integrasi data dalam satu sistem digital ini yang menjadi keunggulan iruna dibanding perusahaan logistik konvensional.

Kini iruna telah mempersiapkan fullfilment centre sebagai sistem pergudangan terintegrasi di seluruh wilayah Indonesia. Adapun fullfillment center iruna di wilayah Jakarta sudah beroperasi pada awal tahun ini, sementara wilayah surabaya akan diresmikan pada bulan Agustus. Selanjutnya juga akan dibuka di daerah Jawa Tengah, Medan, Palembang, Manado, Makassar, Balikpapan, dan Ambon.

Editor : Eva Martha Rahayu

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)