Ekspansi ke ASEAN, Citilink Buka Penerbangan Jakarta-Penang

Citilink Indonesia mulai meluaskan jangkauan penerbangannya ke wilayah regional dengan penerbangan perdana rute Jakarta – Penang.

Pembukaan rute baru ini merupakan penanda ekspansi penerbangan Citilink ke sejumlah negara di kawasan Asia Tenggara sekaligus memperkuat konektivitas dan memanfaatkan keberadaan Masyarakat Ekonomi ASEAN.

“Penerbangan perdana Citilink Indonesia dari Jakarta - Penang ini merupakan perluasan ekspansi kami, sekaligus memperkuat konektivitas di langit ASEAN, sehingga dapat mendukung mobilitas masyarakat ASEAN yang pada akhirnya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi kawasan,” kata Pelaksana Harian Direktur Utama Citilink Indonesia, Fransetya Hutabarat.

Langkah selanjutnya yang akan diambil penerbangan berbiaya murah ini adalah menerbangi negara ASEAN lainnya, yang merupakan destinasi ramai dan memiliki potensi yang besar dalam pertumbuhan turisme dan perdagangan kawasan.

Sebagai kawasan yang sedang tumbuh, pihaknya menyadari akan hadirnya persaingan yang ketat di industri penerbangan kawasan. Utamanya dalam memberikan layanan kepada penumpang. “Penumpang sudah semakin sadar akan layanan yang berkualitas, dengan beragam pilihan dan aksesbilitas yang baik,” kata Fransetya.

Diresmikannya rute ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan sektor pariwisata di kedua destinasi. Sebagaimana diketahui, Badan Pusat Statistik Indonesia (BPS) mencatat pertumbuhan jumlah wisatawan asal Malaysia ke Indonesia naik sebanyak 11,30% padahun 2017.

Selain itu, penerbangan Jakarta-Penang ini juga mrupakan salah satu cara perusahaan LLC bintang 4 ini dalam mendukung program pemerintah, yakni Visit Wonderful Indonesia 2018 yang digagas Kementerian Pariwisata. “Ini merupakan dukungan kami untuk menyukseskan target Kemenpar, yakni untuk mendatangkan wisman hingga 15% dari total target tahun 2018 sebanyak 17 juta dan 20 juta wisman pada akhir tahun 2019,” ujarnya.

Penang menjadi destinasi penerbangani internasional kedua setelah Dili, Timor Leste yang dibuka pada Mei 2017. Jurus ini  salah satu langkah strategis Citilink Indonesia untuk “go regional” dalam melakukan ekspansi bisnisnya ke kawasan ASEAN.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)