Elzatta Mulai Garap Strategi Digital Marketing

Citra Kirana - Muse Elzatta (kedua dari kiri), Daniel Minardi - Head of Shopee Mall Shopee Indonesia (paling kanan) dan Tika Mulya - Vice President Elzatta  (paling kiri)

Elzatta, salah satu merek fasyen muslim mulai setahun terakhir mulai serius menggarap strategi digital marketing. Sebenarnya strategi digital marketingnya sudah dimulai sejak 2-3 tahun lalu, hanya saja, kala itu belum serius.

Kembalinya generasi kedua, yang kini turut dilibatkan membangun merek ini, memutuskan membangun tim khusus untuk makin menguatkan merek di kanal digital. Termasuk menggandeng marketplace, salah satunya Shopee dalam penjualan produknya dengan membangun toko virtual di sana.

Elzatta Hijab didirikan oleh Elidawati Alioemar sejak 2011, bisa dibilang merupakan pionir merek fasyen muslim lokal. Di bawah bendera Elcorps kini perusahaan ini bukan saja memiliki merek Elzatta, tapi juga ada merek fasyen muslim lainnya seperti Dauky, Zattamen dan Noore.

“Kekuatan Elzatta Hijab pada koleksi bergaris feminin dengan pemakaian bahan dan fitting yang nyaman serta detail yang tidak berlebihan. Dengan kekuatan hijab, gamis, ragam printing dan ada koleksi fasyen anak,” kata Elidawati.

Menurut wanita yang akrab disapa El ini, Elzatta Hijab dikenal kuat dengan gerai-gerainya yang tersebar di 100 kota. “Saat ini kami memiliki 200 store untuk merek-merek Elzatta, Dauky dan Noore di seluruh Indonesia. Ke depan kami akan terus hadir berkembang di kota-kota lain di mana kami belum ada, seperti Ambon, Sorong, Tanjung Pinang, dan sebagainya,” katanya.

Selain toko-toko itu kuat dikembangkan melalui sistem waralaba, ia juga mengembangkan toko dengan sistem joint investment, salah satunya dengan Ben Kasyafani, artis/pembawa acara. “Kami ingin memberi  peluang punya dana tapi tidak tahu harus diapakan,” imbuhnya.

El ingin merek Elzatta suatu hari nanti akan menjadi  salah satu merek kebanggaan Indonesia. “Merek fasyen
muslim yang besar seperti Uniqlo, merek asal Jepang,” katanya.

Mengapa tidak kita sesama Indonesia mengembangkan merek
hijab Indonesia menjadi kebanggaan bangsa. Untuk itu Tika Mulya, putri dari El dilibatkan
dalam mengembangkan merek ini sebagai Vice President Brand Elcorps sejak Mei
2018.

Tika sebelumnya pernah bekerja di perusahaan keluarganya setelah
sempat magang di Haute Elan, London Inggris, Des 2017 – Apr 2018, setelah kursus
desain fasyen dan pemasaran di University of Arts London serta belajar
bagaimana mengelola bisnis keluarga bagi next generation di Northwestern
University. Di bawah Tika, merek-merek di bawah Elcorps akan dikembangkan lebih
kuat juga di ranah digital.

Dalam pandangan El, saat ini  orang bukan saja membeli produk, tapi juga value yang melahirkan merek itu. “Setelah berhasil merek-merek Elcorps dikembangkan offline, juga ingin dikenal secara online juga. Kami melihat bagaimana langkah pertama di kanal digital bersama Shopee sangat berhasil, dari target 20 ribu pieces, malah berhasil tembus 27 ribu pieces per hari. Bisa dibilang ini terobosan, karena menjadikan Elzatta sebagai merek lokal dengan penjualan tertinggi dalam sehari,” ungkapnya bangga.

Bergabungnya Tika dalam perusahaan keluarga ini,
diharapkan bisa mengembangkan merek-merek perusahaan secara online. “Kami sudah
punya online sejak 2-3 tahun terakhir, pernah tinggi tapi karena tidak dikelola
dengan serius jadi rugi. Satu tahun terakhir kami fokuskan lagi dengan tim
khusus yang  mengelola  strategi marketing digital secara terintegrasi.
Kemudian pada April tahun ini kami mulai kerja sama dengan Shopee,” jelas Tika.

Dan untuk pertama kali secara serius, Elzatta mengatakan acara khusus bersama beberapa influencer di Eastern Apulance Jakarta Selatan, bersamaan dengan diluncurkannya koleksi seasonal "Gayatri", koleksi hijab batik yang mengangkat nilai kekayaan budaya Nusantara. Beberapa influencer ternama yang turut hadir dalam acara ini Citra Kirana, Chacha Frederica, Annisa Azizah, Nina Septiani, Natasha Rizky, Ryana Dea dan Host Ben Kasyafani serta puluhan influencers lain.

“Sebagai sebuah brand hijab yang mengutamakan pesona dan
kekayaan Indonesia dalam desain-desain produk, kami merasa bahwa Citra Kirana
sebagai seorang aktris pujaan banyak masyarakat Indonesia memiliki kesamaan value
dengan kami. Inilah yang menjadi dasar dari kolaborasi kami dengan Citra
Kirana," ungkap Tika. “Selain kesamaan value, kami juga ingin mendukung
Citra yang baru hijrah dan mengenakan hijab,” lanjutnya.

Untuk diketahui sebelumnya Citra pernah menjadi Muse
Elzatta, namun kemudian tidak berlanjut. Kembalinya Citra sebagai Muse Elzatta,
ditandai dengan peluncuran koleksi teranyar yang diberi nama "Citra
Series" yang merupakan essential product (basic products) Elzatta
yang dapat ditemukan di toko Ezatta di seluruh Indonesia, serta dapat juga
ditemukan di laman Elzatta.

Menurut Tika, koleksi Citra Series ini terinspirasi dari sosok Citra Kirana yang memiliki kesibukan tinggi sebagai seorang aktris. Citra Series antaranya menghadirkan bergo, busana, legging wudhu, bandana rajut, kaos kaki. Koleksi terbaru dari Elzatta ini juga menghadirkan varian warna yang lebih kaya. Contohnya saja untuk jenis produk scarf, Elzatta menyediakan hingga 40 varian warna. Pada momen peluncuran, Citra Series juga akan dipasarkan dalam bentuk 3 paket (bundling) yang berhadiah pouch cantik yang hanya akan dijual secara eksklusif di situs belanja Shopee.

Daniel Minardi - Head of Shopee Mall Shopee Indonesia, melihat Elcorps makin serius di penjualan onlinenya, apalagi setelah sukses mengikuti program Shopee Super Brand Day. “Elzatta merupakan muslim fashion brand pertama yang mengikuti Super Brand Day dengan sukses, bahkan penjualannya menembus angka yang ditargetkan dari 20 ribu piece menjadi 27 ribu piece dalam sehari. Saya melihat Elzatta serius mengikuti program ini, bahkan seluruh tim turut andil, manajer, desainer, juga Citra Kirana saya lihat ikut turun tangan. Ini merupakan komitmen besar. Maka itu kami akan melanjutkan kerja sama ini dengan Elzatta,” tandasnya.

Tika mengatakan, meski makin banyak merek fasyen muslim, mereka tidak gentar, sebab pasar ini masih luas. “Tiap merek memiliki DNA dan karakter masing-masing. Customer pun memiliki selera sendiri-sendiri. Kami akan menguatkan Elzatta dengan menyediakan produk yang diinginkan, inovasi, dan fokus menjadi pemenang. Saat ini, member Elzatta sampai ratusan ribu dan semuanya aktif belanja, jadi selain mengembangkan store, kami akan garap para pelanggan tetap ini secara serius,” terangnya.

Target Elcorps tahun depan akan menambah 50 store lagi.   Namun ke depan, sejalan dengan makin seriusnya menggarap pasar online,  Elzatta akan lebih banyak berkolaborasi dengan para influencer dan artis yang kuat di media sosialnya, dengan membangun story Elzatta dan behind the scene Elzatta.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)