Emirates dan Indonesia Perkuat Kolaborasi Tingkatkan Pariwisata Dalam Negeri | SWA.co.id

Emirates dan Indonesia Perkuat Kolaborasi Tingkatkan Pariwisata Dalam Negeri

Penandatangani Nota Kesepahaman (MoU) perpanjangan dari kerja sama antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia dan Emirate untuk Mendukung Pariwisata, di Arabian Travel Market, Dubai, Selasa (2/5). 

Emirates menandatangani Nota Kesepahaman (MoU), perpanjangan dari kerja sama sebelumnya untuk mendukung sektor perjalanan dan pariwisata Indonesia dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia di Arabian Travel Market, Dubai, Selasa (2/5). 

MoU ini ditandatangani oleh Orhan Abbas, Senior Vice President Commercial Operations Far East Emirates, dan Ni Made Ayu Marthini, Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Adnan Kazim, Chief Commercial Officer Emirates, juga hadir pada acara penandatanganan ini.

Melalui kerja sama ini, Emirates dan Kemenparekraf memantapkan komitmen untuk menguatkan promosi Indonesia sebagai destinasi wisata pilihan dengan meluncurkan kampanye dan inisiatif pemasaran bersama. Emirates akan mendukung pergerakan kunjungan wisata dari pasar utama jaringan globalnya ke Indonesia. Kerja sama ini juga akan mengukuhkan tujuan komersial dan operasi bisnis Emirates di Indonesia, memungkinkan Emirates untuk memperluas jangkauannya di kalangan wisatawan Indonesia, dan meningkatkan kesadaran pelanggan melalui aktivitas kolaboratif.

“Kolaborasi ini membuka peluang meningkatnya permintaan  terbang ke  Indonesia, melalui penerbangan berjadwal ke Denpasar dan Jakarta. Hubungan antara UEA dan Indonesia terjalin melalui ikatan ekonomi yang kuat dan persamaan nilai yang semakin kuat dengan adanya tujuan bersama dalam memajukan pembangunan berkelanjutan oleh kedua negara. Kami senang dapat melanjutkan kerja sama strategis antara Emirates dan Kemenparekraf dengan fasilitas dan konektivitas kelas dunia melalui jaringan global kami ke berbagai destinasi wisata  di Indonesia, serta meningkatkan traffic dari pasar utama kami, antara lain Inggris, AS, Jerman, Prancis, Italia, dan Spanyol," ujar Orhan Abbas, Senior Vice President, Commercial Operations, Far East Emirates. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno, menanggapi kerja sama ini dengan antusias. "Kami berharap kerja sama antara Kemenparekraf dengan Emirates akan bisa terus berkelanjutan, serta membuka peluang bagi kerja sama strategis dengan stakeholders terkait, sehingga dapat bersama-sama memajukan pariwisata dan juga ekonomi kreatif di Indonesia,” ujar Sandi. 

Kerja sama ini diharapkan  dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia yang pada akhirnya dapat berkontribusi pada peningkatan pendapatan devisa negara dari sektor pariwisata serta penambahan lapangan pekerjaan. 

Emirates dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia pertama kali menjalankan kemitraan pada tahun 2021 yang berjalan sukses. Melalui kerja sama tersebut, kedua pihak membangun kerangka kerja yang kuat yang memungkinkan Emirates untuk membantu pemulihan pariwisata Indonesia dan mempromosikan banyak destinasi wisata unik dan populer di seluruh Indonesia. Selain itu, Emirates mendukung pariwisata Indonesia melalui kemitraannya dengan Garuda Indonesia dan Batik Air pada tahun 2022 yang menawarkan konektivitas ke 29 kota di Indonesia selain Jakarta dan Denpasar bagi para pelanggannya.

Sebagai bagian dari rencana pengembangannya di Indonesia, Emirates juga akan melayani Denpasar, Bali dengan pesawat A380  mulai 1 Juni 2023. Selain melayani permintaan pelanggan ke Bali dan Indonesia yang terus meningkat, layanan ini menandai tonggak sejarah penerbangan Indonesia dengan layanan A380 berjadwal pertama di Indonesia.

Emirates telah melayani Indonesia sejak tahun 1992 dan saat ini mengoperasikan 28 penerbangan mingguan ke Denpasar dan Jakarta. Hingga kini, Emirates telah membawa lebih dari sembilan juta penumpang antara Dubai dan kedua gerbangnya di Indonesia, Denpasar dan Jakarta. Emirates juga telah berkontribusi secara signifikan dalam sektor perdagangan Indonesia melalui penerbangan ekspor-impor selama tiga dekade masa beroperasinya, dan terus mendukung komunitas lokal lewat portofolio sebagai sponsor olahraga yang mendunia.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)