Empat BUMN Gelar IBD Expo 2016

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyelenggarakan forum bisnis dan pameran nasional dan internasional. Forum ini merupakan sarana promosi, interaksi, edukasi, negosiasi dan transaksi peserta dengan mitra bisnis, konsumen dan stakeholders yang dikemas dalam Indonesia Business and Development (IBD) Expo 2016.

kementerian-bumn-gelar-ibdexpo-2016-september-239190-139647-1

IBD Expo 2016 merupakan pameran pertama yang diselenggarakan oleh 4 BUMN National Publishing and News Corporation (NPNC) seperti PT Balai Pustaka (Persero), Perum LKBN Antara, Perum PNRI, dab Perum PFN. Diikuti oleh 118 BUMN dengan aset total selama Rp 6.240 triliun, IBD Expo 2016 dengan tema BUMN Sebagai Agen Pembangunan akan berlangsung dari tanggal 8-11 September 2016 di Jakarta Convention Center.

Dalam acara IBD Expo 2016 terdiri dari pameran, konferensi internasional, seminar, hingga job fair. Terdapat juga gelaran produk inovasi dan unggulan BUMN yang dipajang di area khusus seperti senjata api produksi PT Pindad, Tank Anoa, Kapal produksi PT PAL, hingga Flight Simulator PT Dirgantara Indonesia.

Hempi Prajudi, Ketua Pelaksana IBDExpo 2016 , menjelaskan,  perhelatan ini akan diikuti seluruh BUMN, perwakilan BUMD, anak perusahaan BUMN, mitra binaan BUMN dan beberapa BUMN dari luar negeri.

Ia berharap, acara ini dapat memperlihatkan secara lengkap aneka ragam produk dan jasa yang dihasilkan BUMN.tujuannya adalah menunjukkan kepada masyarakat mengenai perkembangan kinerja, dan peran BUMN untuk negeri, serta komitmen BUMN dalam membangun dan memberdayakan daerah tertinggal, terdepan, dan terluar.

“Kami ingin masyarakat luas dapat mengetahui pencapaian, inovasi, kreativitas, dan peran BUMN sebagai agen pembangunan Indonesia. Selain itu, dengan hadirnya pameran ini, kalangan bisnis harus mampu memanfaatkan momentum titik balik perekonomian nasional untuk menggenjot semangat kompetisinya dalam memperkuat ekonomi Asean,"kata Hempi.

Saat ini, BUMN yang telah berkembang dengan pengelolaan semakin profesional, akuntabel dan diakui prestasinya secara nasional dan internasional. Oleh sebab itu, pemulihan ekonomi akan menjadi energi bagi BUMN sebagai penggerak ekonomi nasional di kancah Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Dalam rangkaian acara, BUMN asing seperti Temasek, Khazanah juga turut berpartisipasi dengan memberikan pembekalan-pembekalan kepada seluruh direksi BUMN. Adapun tujuan Kementerian BUMN mengundang BUMN asing untuk memberikan pembekalan-pembekalan kepada seluruh direksi perusahaan pelat merah dalam mengelola perusahaan supaya lebih baik.

“Hadirnya para BUMN asing ini diharapkan memberikan masukan-masukan kepada seluruh BUMN. Sharing section dengan BUMN luar negeri. Itu juga untuk menimbulkan semangat kami, apalagi terkait pembelajaran pembentukan holding," jelas Hempi.

Jusuf Kalla, Wakil Presiden RI dalam pidato pembukaannya menyatakan bahwa pengeloaan BUMN harus dilakukan secara benar. Menurutnya, jika pengelolaan BUMN sudah dilakukan dengan benar, maka akan tercipta tujuan perusahaan BUMN sebagai ujung tombak keberlangsungan perekonomian suatu negara.

"Dibutuhkan perusahaan besar yang pengelolaannya dilakukan dengan benar. BUMN harus berperan dalam perkembangan perekonomian bangsa," ujar Jusuf Kalla. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)