End to End Financial, Solusi Memajukan Ekosistem Kopi Indonesia | SWA.co.id

End to End Financial, Solusi Memajukan Ekosistem Kopi Indonesia

Kopi Indonesia (foto Ubaidillah/SWA)

Kopi merupakan komoditas ekspor unggulan Indonesia dengan nilai devisa lebih dari US$1,4 miliar dan menyerap lapangan kerja lebih dari 1,89 juta kepala keluarga. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat produksi kopi Indonesia mencapai 794,8 ribu pada tahun 2022 dan meningkat sekitar 1,1% dibanding tahun sebelumnya (YoY). 

Data tersebut membuat industri pengolahan kopi di Indonesia semakin prospektif, karena selain mempunyai pasar yang besar, industri pengolahan kopi di Indonesia juga didukung dengan potensi bahan baku. Inilah yang mendorong Bank BRI berpartisipasi dalam acara Indonesia Coffee Summit (ICS) 2023. 

Bank BRI berkomitmen mengembangkan ekosistem kopi Indonesia mulai dari hulu hingga hilir. “Kami memiliki solusi end-to-end untuk membantu mengembangkan ekosistem kopi di Indonesia. Di sisi hulu (petani kopi) dengan solusi KUR, di sisi tengah dengan berbagai bentuk solusi pembiayaan, hingga di sisi hilir (kedai kopi) melalui berbagai solusi pembayaran dan transaksi,” kata Direktur Konsumer BRI Handayani dalam konferensi pers Indonesia Coffee Summit 2023 di Jakarta. 

Melalui gelaran Indonesia Coffee Summit, tambahnya, Bank BRI juga mengapresiasi pemberian penghargaan Indonesia Coffee Heroes 2023. Sebuah ajang pemberian penghargaan bagi para pelaku ekosistem kopi Indonesia yang telah memberikan kontribusi dan dampak berarti bagi kemajuan industri atau ekosistem kopi di Indonesia. 

Ajang Indonesia Coffee Heroes 2023 memberikan penghargaan kepada beberapa kategori penerima seperti Lifetime Achievement Award, Inspiring Millennial Coffee Farmer, Inspiring Barista, Legendary Local Coffee Shop, Most Authentic Traditional Coffee Shop, dan sebagainya. 

ICS merupakan event tahunan mencakup konferensi, workshop, kompetisi, festival, business matching, hingga pameran, yang menjadi wadah bagi para pelaku ekosistem kopi dari hulu (petani), tengah (roaster, trader, eksportir, importir), supporting (perlengkapan, mesin) hingga hilir (industri, kedai kopi). Event tahunan ini mengusung misi untuk terus memperbaiki ekosistem kopi Indonesia sehingga lebih baik dan berdaya saing global. 

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)