Endeus Festival Padukan Ragam Kegiatan Kuliner

Endeus Festival akan mengangkat tema "Fully Foodie Experience" yang memadukan ragam kegiatan bagi para pencinta kuliner.

Endeus Festival akan digelar pada 25-27 Oktober 2019 di Gandaria City, Jakarta Selatan. Ini merupakan gelaran food festival pertama yang diselenggarakan oleh Endeus.tv, platform digital yang membagikan konten video resep-resep makanan.

Festival kuliner ini akan mengangkat tema "Fully Foodie Experience" yang memadukan ragam kegiatan bagi para pencinta kuliner. Mulai dari live cooking demo, taman kuliner, marketplace Bazaar, fun kids area, home chef competition, community meet up, food talk, photo booth, art installation, dan activities area.

"Endeus Festival merupakan misi kami dalam mempertemukan seluruh bagian dari dunia masak dan makanan yang memiliki satu kesamaan yaitu love for food," kata David Wayne Ika, CEO Endeus.tv di Le Meridien Jakarta, Jumat (13/09/2019).

Festival ini juga akan diramaikan oleh tokoh-tokoh yang sudah lama berkecimpung di dunia kuliner seperti Chef Sisca Soewitomo, Chef Yuda Bustara, Chef Saskyra Rosano, Danu Sofwan, dan Elisabeth Wang yang akan mengisi berbagai aktivitas di panggung, mulai dari live cooking demo hingga talk show yang bisa disaksikan oleh semua pengunjung.

Chef Sisca akan melakukan live cooking demo bersama putrinya Novi Soewitomo pada hari Minggu. Chef Yuda hadir pada hari Sabtu melakukan live cooking demo. Chef Saskyra tampil melakukan live cooking demo di hari pertama. Elisabeth Wang juga akan hadir di hari Sabtu, sedangkan Danu Sofwan akan berbincang dengan tema “Bisnis 101”.

Selain itu, terdapat juga 24 tenant yang telah terkurasi mulai dari berbagai jenis makanan, marketplace yang menawarkan bermacam alat/perlengkapan masak, baking, dan dapur.

"Di festival ini akan mempertemukan berbagai komunitas yang hobi dan rutin memasak dengan teman-teman dari industri bumbu masak, alat masak, dan 40 chef ‘friends of Endeus’ yang sengaja dikumpulkan dari berbagai latar belakang dan lintas generasi. Mereka akan berbagi cerita, pengalaman, berbagi rasa mulai dari live cooking demo, food tasting, hingga hands-on experience," lanjut David.

Dalam acara ini juga akan diumumkan pemenang dari kompetisi Home Chef dan Bintang Endeus. Program Home Chef adalah program kompetisi memasak yang terbuka diikuti oleh juru masak rumahan non-profesional yang mampu memodifikasi satu dari lima resep masakan yang telah dipilih oleh Tim Endeus dan diposting selama periode 1-30 September. Pemenang dari program ini berhak untuk mendapatkan hadiah berupa renovasi dapur rumahnya ditambah dengan hadiah perelengkapan masak dan uang tunai.

Adapun program Bintang Endeus adalah program audisi yang digelar dari bulan Agustus hingga akhir September untuk mendapatkan kontrak menjadi Bintang di Program Endeus.tv dan tambahan uang.

Merujuk data Badan Ekonomi Kreatif, sub sektor kuliner memang memberikan kontribusi yang cukup besar yaitu 41,40% dari total kontribusi perekonomian kreatif Rp 922 triliun pada 2016. Industri kuliner ini pun dinilai mempunyai potensi yang sangat kuat untuk berkembang.

Pakar kuliner legendaris Indonesia, Sisca Soewitomo, mengatakan, berbeda dengan dahulu yang hanya mengandalkan resep-resep dasar, saat ini sudah banyak varian makanan maupun minuman yang bermunculan di industri kuliner.

"Saat ini industri kuliner semakin berkembang, semakin orang mengerti dasar-dasar teorinya sehingga semakin banyak varian yang bermunculan, pintar berkreasinya. Es cendol dulu hanya cendol, gula merah, dan santan. Tapi sekarang sudah ada tapenya, mutiara warna-warni, macam-macam," ujarnya saat ditemui usai konferensi pers Endeus Festival.

Editor: Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)