Epiroc Paparkan Urgensinya Automasi dan Digitalisasi Bagi Pertambangan

Epiroc berbagi informasi, berkolaborasi bersama para pelaku bisnis pertambangan dan mendengar suara dari para pelanggan terkait komitmen Epiroc dalam mengedepankan  automasi dan digitalisasi sebagai nilai tambah dalam setiap produk yang dihasilkan.

Untuk itu, Epiroc menyelenggarakan gala dinner bertajuk ‘ROCvolution, Revolutionize Your  Mining Experience’ secara hybrid di Jakarta (5/8/2022).

Hendra Tahulending, Regional Business Line Manager of Surface Division dari PT Epiroc Southern Asia menjelaskan, sejak awal tahun 2022 PT Hanwha Mining Services Indonesia memberikan kepercayaan  kepada Epiroc untuk membuktikan performa SmartROC D65 yang saat ini beroperasi di site Toka Tindung,  Gold mining project yang dimiliki oleh PT Meares Soputan Mining, anak perusahaan dari PT Archi  Indonesia, Tbk. Pada tahun yang sama, SmartROC D65 juga akan digunakan oleh PT Amman Mineral  Nusa Tenggara di site Batu Hijau, Sumbawa Nusa Tenggara Barat.

“SmartROC D65 yang dilengkapi dengan berbagai fitur teknologi dan automasi berkelas dunia yang kami  sebut dengan 6th sense telah mengambil peran penting dalam perubahan industri pertambangan di  Indonesia khususnya dalam teknologi pemboran,” jelas Stephan Ketteler, Direktur PT Epiroc Southern Asia.

Hal lain yang menarik dalam acara malam ini yaitu ROCtalk, mini talkshow yang menghadirkan narasumber  dari PT Archi Indonesia, Tbk, PT Amman Mineral Nusa Tenggara, PT Petrosea, Tbk, dan PT Hanwha  Mining Services Indonesia yang membahas tentang pentingnya sistem automasi dan digitalisasi dengan  berbagai tantangan dan peluang di industri pertambangan dan mineral.

Melalui acara ini, Epiroc berharap bahwa para pelaku bisnis di industri  pertambangan dan mineral dapat lebih berkolaborasi dalam penerapan konsep transformasi digital dan  automasi yang berefek pada peningkatan aspek keselamatan, produktivitas dalam keberlangsungan  industri pertambangan yang berkelanjutan.

Menurutnya, salah satu produk automasi dan digitaliasi yang dimiliki oleh Epiroc adalah generasi SmartROC. SmartROC  pada dasarnya tersedia dalam berbagai opsi berdasarkan metode pemboran yaitu (Down The Hole),  Top Hammer, serta Coprod. Dalam hal SmartROC D65, mesin pemboran ini dirancang untuk  menghasilkan lubang ledak yang presisi juga akurasi yang tinggi secara konsisten dengan mengaplikasikan  data akuisisi yang real-time.

“Untuk penyajian data performance dan diagnostik mulai dari  parameter efektivitas pemboran, kesehatan mesin pemboran, sistem navigasi otomatis, data Measure While-Drilling dan sistem pelaporan yang terintegrasi melalui Surface Manager dan Mobius merupakan fokus utama dalam pencapaian total biaya operasi pemboran yang rendah,” ungkapnya.

Pengoptimalisasian unit ini juga dapat dilakukan dengan penggunaan BenchREMOTE bahkan  TeleREMOTE untuk mengendalikan beberapa mesin pemboran sekaligus dari jarak jauh yang juga dapat  meningkatkan keselamatan operator dalam pengoperasian SmartROC D65. 

“SmartROC D65 telah terbukti secara global dalam memberikan solusi untuk keselamatan, produktifitas, dan  efisiensi kepada pelanggan. Fitur-fitur pintar yang terintegrasi di unit kami telah dikombinasikan dengan sistem perencanaan, analisa, dan monitoring yang terdapat didalam Surface Manager dan Mobius for Drills  yang berfokus pada terciptanya nilai baru serta memberikan solusi lengkap dan berkepenjangan untuk  semua customer,” kata Tom Ross,  Regional Business Manager of Surface Division

Yara Hussein, Epiroc Global DM Product Manager menjelaskan,  “Setelah sukses dengan DM30 II,  Epiroc meluncurkan DM30 XC, seri terbaru dalam memberikan kinerja mesin  bor yang reliable, footprint yang kecil, konsumsi bahan bakar rendah dan dilengkapi dengan teknologi  automasi dan digitalisasi untuk memberikan total biaya pemboran seminimal mungkin. “

Adrian Speer selaku Epiroc Global Product Line Manager of Blast Hole mengatakan, PV291 mempunyai  DNA yang diwariskan dari seri legendaris PV270. Dirancang untuk memaksimalkan ukuran lubang sampai  12.25” dengan tetap menjaga footprint kecil yang memudahkan customer kami dalam mencapai batas  operasional yang lebih jauh. Dan ketika dipasangkan dengan kemampuan automasi dan kontrol jarak jauh  yang juga dimiliki Epiroc, kustomer dapat mencapai produktifitas tertingginya. 

Dalam perkembangannya, Epiroc tidak hanya fokus dalam kemajuan automasi dan digital, namun juga  dalam menyikapi penggunaan Bahan Bakar Minyak. Epiroc telah meluncurkan inovasi underground  equipment dengan tenaga listrik menggunakan teknologi baterai untuk mengganti bahan bakar dalam  menjaga kelestarian lingkungan dan pengurangan emisi karbondioksida dunia, seperti seri dari unit Epiroc  Boomer, Scooptram, dan Minetruck.

Swa.co id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)