Era Baru Budaya Lasem Bagi Traveler

Patricia Andriani kali ini menampilkan koleksi batik lasem untuk para traveler

Memasuki tahun ketiga kiprahnya di dunia fashion, Patricia Andriani berpartisipasi untuk membawa karyanya ke ajang pameran budaya Indonesische Culturele Maand yang akan berlangsung di kota Best, Belanda mulai awal April 2020 ini.

Pameran yang diselenggarakan oleh Stichting (Yayasan) Hibiscus ini mengangkat tema “Lasem The Forgotten Heritage” dengan menampilkan budaya Lasem yang hampir dilupakan. Sebagai perancang muda yang menekuni batik Lasem pada karya-karyanya, Patricia kali ini menampilkan koleksi batik lasem untuk para traveler atau pelancong. Hal ini akan membuka era baru bagi batik Lasem yang bukan hanya dikenakan pada acara-acara formil, namun juga menjadi busana trendy ketika melakukan perjalanan.

“Siluet loose fitting pada konsep traveler yang saya angkat kali ini membuat kesan nyaman. Sesuai dengan kebutuhan para traveler yang menginginkan busana santai. Sentuhan desain asimetris dan tabrak motif tetap ada sesuai dengan identitas desain dari Patricia Andriani. Hal ini memberikan kesan modern dari kain batik Lasem yang klasik,” jelas Patricia, wanita kelahiran Jakarta, 4 April 1994. Dia mempelajari fashion design di Nanyang Academy of Fine Arts.

Bahan yang digunakan pada koleksi “New Age of Lasem” ini memadukan batik katun, lurik dan kain semi wool yang memberikan kesan hangat.“Kami sebagai penyelenggara Indonesische Culturele Maand senang sekali kedatangan perancang muda seperti Patricia Andriani pada acara ini. "Apalagi membawa budaya Lasem yang hampir dilupakan terbang ke Negeri Belanda dengan konsep baru,” kata Ine WawoRuntu, Ketua dan Pendiri Stichting (Yayasan) Hibiscus.

Ine berharap jumlahperancang muda seperti Patricia, yang memiliki passion kepada Batik Lasem akan semakin banyak jumlahnya. "Karena hal ini akan membantu upaya pelestarian Batik Lasem yang semakin dilupakan,” ungkap Diana Damayanti, penulis dan pecinta Batik Lasem.

Pameran budaya ini akan diisi dengan berbagai kegiatan seperti pameran kerajinan Indonesia, fashion show, talkshow hingga lomba membatik yang terbuka untuk kalangan umum./p>

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)