Eragano Hubungkan Petani Daerah dengan Unilever

Pertanian merupakan sektor penting yang menghadapi banyak tantangan di Indonesia, salah satunya kualitas hasil yang rendah. Padahal, perusahaan produsen pangan olahan tentu memiliki standar hasil yang tinggi agar kualitas produk olahannya terjaga

Masalah tersebut menjadi latar belakang Unilever untuk menggandeng Eragano, salah satu startup yang bergerak di bidang teknologi pertanian, untuk membantu menyediakan cabai berkualitas hasil petani di Jawa Timur. Cabai tersebut akan digunakan untuk memproduksi produk terbaru Unilever, Saus Sambal Jawara. Eragano akan memonitor proses produksi cabai hingga tahap sortasi dan grading sesuai kriteria Unilever, juga pengiriman. “Dari hasil panen, hanya 10% yang meleset dari harapan yang kemudian dijual ke pasar,” tutur Stephanie Jesselyn, CEO Eragano.

Pada setiap tahapannya, Eragano memastikan kebersihan, kesegaran dan kualitas yang dijaga untuk menciptakan rasa yang spesial dari setiap cabai yang dihasilkan. “Kami sangat peduli pada prinsip responsible to consumer, hal itu yang selalu kami ingat dalam melakukan setiap prosesnya, agronomist kami bekerja sama dengan petani untuk menciptakan cabai yang tidak hanya enak tetapi juga lebih sehat dengan prinsip eco friendly, kami memiliki orang lapangan yang siap membantu petani kami di Jawa Timur secara langsung dan memberikan dampingan yang dibutuhkan oleh petani cabai kami,” ujar Stephanie. Sebanyak 500 petani yang bekerja sama dengan Eragano mampu menghasilkan 15 ton cabai per bulan.

Pemilihan lokasi Jawa Timur sendiri dilakukan berdasarkan kedekatan lokasi dengan pabrik Saus Sambal Jawara. Hal tersebut memungkinkan cabai yang dikirim akan tetap segar. Selain itu, lokasi Jawa Timur cocok untuk ditanami cabai dan banyak petani yang belum terbantu.

Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani, start-up yang berdiri tahun 2016 ini membeli langsung cabai dari petani. Harga yang ditawarkan pun lebih tinggi Rp 1000/kg bila dibandingkan harga jual ke pengepul atau pasar. Selain cabai, Eragano juga membudidayakan kentang di Jawa Barat, gula semut di Kulon Progo, dan wortel di Jawa Barat.

Ke depan, Eragano berencana untuk membangun station center sebagai pusat petani untuk dapat melihat langsung proses jual panennya melalui layar komputer yang terpasang. Lokasi tersebut juga dapat menjadi tempat silaturahmi antar petani agar solidaritasnya semakin erat.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)