Penjualan Evalube Tumbuh 11% di Kuartal I/2017

Pertama kali merek pelumas Evalube diluncurkan di pasaran tahun 1996 lewat produk Evalube 2T-TB. Seiring dengan perkembangannya, PT Wiraswasta Gemilang Indonesia (WGI) sebagai pemegang merek Evalube, melakukan rejuvenation pada merek asli buatannya ini. Tak berhenti di situ, WGI terus melengkapi varian-varian produk baik untuk segmen roda 2, roda 4, dan industri.

Oli Evalube Raih Penghargaan IOB 2012 dari Majalah SWA.

Secara segmentasi pasar, Evalube fokus menyasar target market roda dua untuk segmen menengah. Pertimbangan banyaknya kendaraan mainstream di Indonesia iilah yang memutuskan Evalube untuk memberikan konsentrasinya pada roda dua, walaupun juga tidak melupakan potensi pasar di roda empat. WGI sebagai produsen Evalube memiliki berbagai macam fasilitas pabrik pelumas rmasuk laboratorium pengujian yang berlokasi di Cibitung, Cikarang Barat – Bekasi, Jawa Barat. Keseriusan ini menjadi keunggulan produk yang dirancang.

Evalube memiliki teknologi formula yang dinamakan formula Veltec. Seperti Evalube 4T PRO, Evalube SCOOTIC HX dan Evalube SCOOTIC YX yang merupakan produk-produk unggulan Evalube yang telah diuji oleh lembaga independen LAPI-ITB. “Pengujian dilakukan dengan road test 6.000km. Uji jalan Jakarta – Bandung yang dilakukan terus-menerus sejauh 6000km, dengan menggunakan 15 motor uji berbagai merek dan jenis pelumas,” ujar Direktur Komersial PT Wiraswasta Gemilang Indonesia, Ronny Wibowo. Dalam pengujiannya dilakukan juga perbandingan Evalube dengan berbagai merek lain. “Evalube memiliki beberapa keunggulan dari sisi fuel efficiency dan ini yang menjadi klaim tagline kampanye Evalube yaitu Evalube Solusi Irit Bensin,” tambahnya.

Menghadapi tantangan kompetisi pasar, Evalube terus melakukan berbagai kegiatan yang terintegrasi antara marketing dan sales. Kegiatan ini diperuntukan bagi konsumen, bengkel, dan mekanik yang dilakukan secara konsisten. “Kampanye melalui iklan baik Above The Line seperti TV, Radio dan Below The Line terutama di channel penjualan seperti bengkel, kampanye digital, dan event-event baik di kegiatan motorsport maupun automotive exhibitionkerap dilakukan sebagai bentuk pemasaran Evalube,” ungkapnya.

Persaingan yang tidak hanya datang dari merek asing, merek dalam negeripun kini berbondong-bondong unjuk gigi. Hal ini semakin membuat kompetisi sangat tinggi. Karena itu Evalube senantiasa terus melakukan kampanye produk yang konsisten, menjaga kualitas produk dan terus melakukan inovasi produk dengan terus melihat perkembangan pasar di Indonesia maupun di dunia. Distribusi Evalube dengan mitra distributor di wilayah terus ditingkatkan dari sisi jumlah outlet. Upaya ini berguna untuk tingkatkan sebaran produk Evalube. “Saat ini Evalube memiliki 24 distributor retail automotive dan 13 distributor commercial industrial untuk menjangkau pasar di Indonesia. Harga yang diberikan juga begitu kompetitif dengan kualitas yang tidak kalah dengan merek internasional,” ungkapnya.

Secara penjualan, tahun 2016 Evalube untuk segmen roda 2 dan roda 4 memiliki pertumbuhan sebesar 6% dan tahun ini sampai dengan year to date Mei 2017 (Kuartal I) pertumbuhannya sebesar 11% di periode yang sama. Market share WGI selaku produsen di Indonesia sebesar 9% dan memiliki kapasitas sebesar 84.000 MT pelumas per tahun. Saat ini Evalube masih fokus kepada pasar domestik dan akan senantiasa menghadirkan produk dengan kualitas terbaik dan inovasi yang menjawab tantangan pasar kedepannya.

Reportase: Akbar Kemas

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)