Exabytes Rutin Berikan Pelatihan ke UKM Agar Go Online

Badan Pusat Statistik mencatat pertumbuhan UMKM/UKM Indonesia telah mencapai 56,5 juta didominasi oleh sektor perdagangan, pertanian, dan industri pengolahan.

Kontribusi sektor UMKM/UKM pun meningkat dari 57,84% menjadi 60,34%. Bersamaan dengan itu, sektor UMKM/UKM juga meningkatkan persentase serapan tenaga kerja dari 96,99% menjadi 97,22% dalam periode lima tahun terakhir, di mana UMKM/UKM menghasilkan sekitar 6 juta pekerjaan setiap tahunnya. Dapat disimpulkan dengan jelas bahwa UMKM/UKM memiliki peran strategis tak hanya dalam meningkatkan perekonomian dalam negeri, namun juga memiliki andil penting dalam memerangi pengangguran di Indonesia.

Tak hanya potensi pertumbuhan UMKM/UKM anak bangsa yang terlihat sangat jelas. Bank Indonesia juga mencatat pertumbuhan nilai transaksi perdagangan elektronik (e-commerce) mencapai Rp 65,6 triliun pada tahun 2016. Pertumbuhan ini cukup signifikan setelah tahun sebelumnya hanya mencapai Rp47,8 triliun. Indra Hartawan, Country Manager Exabytes Indonesia, mengekspresikan antusiasmenya dalam mendorong UMKM/UKM untuk Go Digital, “Sejalan dengan misi pemerintah dalam mengoptimalkan penjualan produk UMKM/UKM melalui platform digital, Exabytes Indonesia melihat momentum ini sebagai kesempatan yang baik bagi UMKM/UKM Indonesia untuk mendigitalisasikan bisnisnya,” ungkapnya.

 

Untuk itu, Exabytes mengadakan Exabytes Digital Day (EDD), sebuah pelatihan dan wadah bagi UMKM/UKM untuk belajar, berbagi ilmu dan membangun network sembari mempersiapkan diri untuk terjun ke ranah online. Exabytes Digital Day diadakan setiap dua minggu secara FREE, dengan harapan UMKM/UKM dapat segera memahami skema perdagangan elektronik dan memanfaatkannya dengan baik untuk meningkatkan daya saing.

“Di luar ekspektasi, antusiasme dari Exabytes Digital Day ini cukup tinggi. Walaupun kita sering sekali mengadakan kelas, selalu ada sekitar 25-40 peserta yang hadir di setiap sesi EDD, dari sini kita bisa melihat besarnya semangat para UMKM/UKM untuk belajar. Tidak hanya pesertanya, ada banyak sekali praktisi-praktisi muda yang bersedia sharing ilmu bermodalkan kepedulian terhadap kemajuan UMKM/UKM Indonesia,” kata Indra Hartawan, Country Manager Exabytes Indonesia.

Exabytes Indonesia ingin menjadi Solusi Hosting bagi UMKM/UKM. Pihaknya percaya akan pentingnya melibatkan anak muda yang cenderung lebih melek digital untuk berperan serta dalam membangun dan mengedukasi UMKM/UKM Indonesia. Di setiap sesinya, Exabytes Digital Day selalu melibatkan praktisi muda dari berbagai industri, dimulai dari graphic designer, website developer/designer, UI/UX designer, hingga para marketer dan pelaku industri kreatif untuk berbagi ilmu dan pandangan guna memajukan UMKM/UKM Indonesia.

Pada 9 September lalu misalnya, Exabytes mengadakan Digital Day ke-10 dengan tema “Tips & Trick Membuat Foto Produk Untuk Toko Online”. dengan seorang graphic designer muda Shopee Indonesia, Septian Junior sebagai pembicara. “ Ada banyak produk UMKM/UKM Indonesia yang keren dan siap jual, tapi terkadang desain promosinya kurang mendukung. Jadi, Saya excited sekali untuk turut serta membantu teman-teman UMKM/UKM agar bisa bersaing dengan produk luar”, ujar Septian Junior, Graphic Designer Shopee Indonesia yang menjadi pembicara dalam Exabytes Digital Day kali ini.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)