Facebook Gelar Hackathon Pertama di Indonesia

20160904 Pemenang Hackathon

Untuk pertama kalinya Facebook mengadakan hackathon di Indonesia, Facebook Indonesia Developer Challenge. Dalam kompetisi ini, Facebook mengajak para pengembang lokal di Indonesia untuk berinovasi mengembangkan layanan baik dalam bentuk aplikasi mobile atau website yang terintegrasi dengan fitur-fitur yang ada di Facebook seperti Facebook Login, Account Kit, Save Plugin, Quote Plugin, dan App Invites.

Para peserta nantinya akan diminta untuk memilih setidaknya dua di antara platform produk yang telah disebutkan tadi atau mereka juga diperbolehkan membuat messenger bot. Hackathon yang diadakan selama 2 hari ini (3-4 September 2016) menyaring 123 ide yang masuk dan akhirnya terpilih 28 tim yang berasal dari 6 kota yaitu, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Malang, dan Bali.

“Penting bagi Facebook untuk berinvestasi dalam ekosistem pengembang di Indonesia, karena Indonesia memiliki potensi yang besar dan saat ini sedang berfokus untuk membesarkan ekonomi digital. Indonesia merupakan pasar yang penting bagi Facebook untuk menjalankan misi kami yaitu menghubungkan dunia. Untuk itu, kami juga harus menghubungkan orang-orang di Indonesia. Untuk mewujudkan itu, kami harus lebih engage dengan pengembang di sini,” ujar Alice Wei, Head of Product Partnerships, Southeast Asia.

Dalam kompetisi ini, para developer akan membuat layanan atau aplikasi dengan menggunakan alat-alat dari Facebook Developer. Dalam Hackathon ini, Facebook menyelenggarakan tantangan yang dinamakan Hacks for Her, yaitu sebuah tantangan menciptakan mobile apps dan website khusus untuk para perempuan. Tujuannya agar kesenjangan gender di dunia teknologi bisa dipersempit.

Hackathon pertama ini dimenangkan oleh Tim SSS dengan aplikais Linda yaitu aplikasi yang berfungsi untuk memberdayakan perempuan di daerah melalui Facebook Messenger.

Pemenang kedua yaitu Tim Monolog dengan aplikasi Smart FAQ yaitu aplikasi yang menyediakan layanan tanya jawab bagi pengguna untuk pertanyaan yang sering ditanyakan melalui Facebook Messenger.

Pemenang ketiga yaitu Tim Hamsterman dengan aplikasi Hamsterman yaitu aplikasi yang menyediakan sarana bagi pencipta visual novel untuk membuat dan menyebarluaskan cerita mereka melalui Facebook Messenger. Sedangan untuk pemenang tantangan Hacks for Her dimenangkan oleh Tim Iwal dengan aplikasi CFG. Aplikasi Code For Girls (CFG) bertujuan untuk memperkenalkan computational thinking dan pemrograman melalui Facebook Messenger.

Para pemenang akan mendapatkan uang tunai senilai masing-masing sebesar Rp 25 juta (pemenang 1), Rp 15 juta (pemenang 2), dan Rp 10 juta (pemenang 3). Untuk pemenang Hacks for Her akan mendapatkan Rp 15 juta, masing-masing pemenang juga akan mendapatkan Facebook Start Package senilai US $ 80.000.

"Facebook melihat Indonesia sebagai pasar yang penting dan kami berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh untuk pengembangan pengembang lokal di Indonesia," tegas Alice. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)