Business Research Trends

Facebook: Kelas Menengah Ciptakan Tren Belanja Online

Facebook dan Bain & Company merilis lanjutan studi mereka tentang Emerging Middle Class. Studi teranyar mereka yakni Riding the Digital Wave: Southeast Asia’s Discovery Generation melihat bagaimana perilaku dan preferensi kelas menengah membentuk tren belanja online.

Hilda Kitti, Kepala Pemasaran untuk Facebook di Indonesia, mengatakan, studi ini menunjukkan peran dunia digital dalam pertumbuhan bisnis dan e-commerce di Asia Tenggara termasuk Indonesia.

“Peran Facebook yaitu untuk mendukung bisnis dan industri yang lebih luas melalui investasi inovasi produk dan kemitraan,” jelasnya.

Studi ini mensurvei 12.965 responden di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, danVietnam, dengan lebih dari 30 CEO dan pemodal yang diwawancara. Hasilnya menunjukkan kelas menengah di Asia Tenggara akan mendominasi 70-80% dari pertumbuhan konsumen digital pada 2025.

Menurut data dari Bain, dari 90 juta konsumen digital pada tahun 2015, Asia Tenggara menunjukkanpertumbuhan sebesar 2,8 kali lipat menjadi 250 juta konsumen digital pada tahun 2018. Pada tahun 2025, akan ada 310 juta konsumen digital di Asia Tenggara.

Di Indonesia, angka konsumen digital tumbuh dari 64 juta pada tahun 2017 menjadi 102 juta pada 2018 atau menjadi 53% dari total populasi. Diprediksi pertumbuhan belanja online juga akan tumbuh 3,7kali dari US$ 13,1 miliar pada 2017, menjadi US$ 48,3 miliar di 2025.

“Di Indonesia, 66% responden mengatakan bahwa mereka terbuka untuk memilih merek lain atauakan membeli berbagai merek saat berbelanja online. Ini berarti, seluruh skala bisnis, memiliki peluang besar untuk bersaing dalam cakupan yang lebih besar di Asia Tenggara,” kata Hilda.

Hasil penelitian juga menujukkan memberikan penghargaan bagi pelanggan melalu program loyalitas sangat penting. Studi menunjukkan, responden dengan program loyalitas menunjukkan bahwa mereka 1,5 kali lebih mungkin menjadi promotor daripada mereka yang tidak memiliki program loyalitas.

Editor: Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved