Faspay Billing Mudahkan Pembayaran Sewa Hotel dan Apartemen

Pada tahun 2015, sekitar 95 juta penduduk Indonesia sudah menjadi pengguna aktif internet dan diprediksi akan mencapai lebih dari 102 juta orang pada 2016. Jumlah pengguna internet yang besar ini tentu berperan untuk mengubah cara bertransaksi di segala sektor. Sektor yang terus berkembang karena pengaruh kemajuan teknologi adalah sektor pariwisata.

Perkembangan teknologi berbanding lurus dengan jumlah booking untuk setiap hotel atau penginapan. Cara-cara konvensional untuk memesan mulai ditinggalkan. Kini orang-orang lebih menyukai cara memesan kamar sebuah hotel atau penginapan  berbasis daring.

Eddy Tju, Head of Business Development Faspay. Eddy Tju, Head of Business Development Faspay.

Hal ini tentu dilihat pihak hotel sebagai akses baru pemasaran mereka. Sebagian besar wisatawan yang berkunjung adaah wisatawan asing yang sangat potensial untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomian negara. Hanya saja yang menjadi kendala, seringkali pihak hotel menemui kesulitan dalam hal pembayaran, terutama ketika tamu menggunakan opsi pembayaran yang tidak sesuai dengan metode pembayaran pihak hotel.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Faspay sebagai payment gateway berusaha menjembatani hubungan antara merchant kepada payment channel yang ada untuk memudahkan tamu melakukan reservasi dan pembayaran kamar hotelnya.
“Melalui Faspay Biling, yang membantu bisnis perhotelan, yaitu mengintegrasikan pihak hotel dan apartemen dengan bank dan berbagai sistem pembayaran elektronik. Selain itu, kami juga memberikan pilihan penagihan pembayaran elektronik atau e-invoice,” ungkap Eddy Tju, Head of Business Development Faspay.

Pada dasarnya fungsi Faspay Billing adalah metode pembayaran virtual agar merchant bisa menerima pembayaran dari segala jenis kartu kredit/debit. “Fitur lainnya ialah kesempatan merchant untuk bisa mendesain sendiri invoice dan mengatur waktu penagihan. Kami hanya fasilitator pembayaran dan pihak hotel bisa mendesain sendiri e-invoice,” tambahnya.

Cara ini pun memungkinkan diterapkan untuk apartemen, karena model bisnis keduanya yang serupa. Ia menuturkan bahwa rata-rata para penyewa apartemen adalah eksekutif muda yang memiliki jam kerja padat, sehingga pihak apartemen seringkali mengalami kesulitan melakukan penagihan pembayaran apartemen.

“Layanan ini mendukung merchant dari segi keamanan karena Faspay Billing mengirimkan email ke merchant setelah pembayaran terjadi dan memudahkan merchant agar tidak perlu mengecek rekeningnya. Hal ini juga sebagai otorisasi dari pihak bank melalui Faspay billing bahwa pembayaran telah selesai dilakukan,” ujarnya menegaskan.(EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)