Federal Oil Buka Pabrik Baru

 

PT Federal Karyatama (FK)anak usaha Grup Astra yang bergerak di bisnis pelumasmembuka pabrik baru Lube Oil blending Plant di Krakatau Industrial Estate Cilegon Banten.  Pabrik baru ini untuk mengantisipasi perkembangan dunia otomotif yang menunjukkan tren meningkat.   Demikian keterangan  resmi (23/8) Patrick Adhiatmadja, Direktur Utama Federal Karyatama. "Kami optimis, bahwa industri pelumas tanah air akam terus mengalami pertumbuhan seiring dengan meningkatnya bisnis otomotif. Untuk itu kami berusaha semaksimal mungkin memenuhi kebutuhan pelumas tanah air melalui pembangunan pabrik dengan kapasitas dan fasilitas yang jauh lebih besar dari pabrik sebelumnya." ujarnya (Rabu, 23/8)

Patrick Adhiatmadja, Presiden Direktur PT Federal Karyatama.

Pabrik baru Federal Oil  ini dibangun tanpa adanya campur tangan pihak luar.  Dana  berasal dari perusahaan induk dan cash flow perusahaan senilai Rp 400 miliar. Termasuk pula dalam mendesain bangunan pabrik serta  proses blending nya, semuanya dikerjakan oleh tenaga dari dalam negeri. "Berdirinya pabrik ini mulai dari desain dan jantung blending-nya merupakan karya anak bangsa. Pelumas yang kualitasnya baik adalah yang saat proses blanding-nya terjaga dengan baik, yaitu ketika homogenitas olinya tercampur dengan baik," tambah Patrick.

Pabrik baru tersebut berdiri di atas lahan seluas 2 hektar  ini dibangun sejak 2015 lalu dan  mampu memproduksi pelumas untuk sepeda motor dan mobil 100 juta liter/tahunnya. Pabrik baru yang mengadopsi prinsip-prinsip manajemen moderen itu menggantikan parbik lama di Pulo Gadung yang terbatas kapasitasya yang hanya 50 juta liter/tahunnya. Beberapa fasilitas yang dilengkapi, antara  lain, proses blending dan filling yang  menggunakan robot,  konsep ‘Green Industry’ yaitu mengedepankan aspek ramah lingkungan. Selain itu sistem manajemen produksi juga telah diterapkan dalam pabrik ini yakni  itu ISO 9001, mulai dari  sistem penerimaan material, penyimpanan, proses blending, filling bottling dan packing machine yang terintegrasi. Termasuk konsep pabrik yang ramah lingkungan dengan pengolahan limbah yang bersertifikasi, sumur buangan dan program penghijauan penanaman pohon. "Federal oil adalah pabrik nasional yang sudah mengantongi sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI)," ujar Patrick.

Federal Karyatama optimistis adanya pabrik baru ini bisa mendukung penjualan dengan produksi yang lebih besar di pasar domestik dan pasar manca negara, khususnya wilayah ASEAN. (Rian S)
.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)