Federal Oil Merawat Stakeholders Melalui Pemasaran Digital Terintegrasi

Sekitar 3 tahun lalu Federal Oil diakuisisi oleh Exxon Mobil. Meski di bawah payung Exxon Mobil sudah ada existing brand pelumas kendaraan, tetapi mereka sendiri juga pandai menempatkan brand-nya di pasar sehingga tidak terjadi saling kanibalisasi. Hal ini diungkapkan oleh Patrick Adhiatmadja, Executive Chairman PT Federal Karyatama & PT ExxonMobil Lubricants Indonesia dalam webinar bertajuk Brand RevivalRevival: Kebangkitan Merek-merek Terbaik Di Era Bisnis Baru, yang merupakan rangkaian dari Indonesia Best Brand Awarding 2021 dari Majalah SWA dan Mars Digital.

“Karena tujuan dari akuisisi adalah memperbesar market share dari Exxon MobilExxonMobil secara keseluruhan. Khusus untuk Federal Oil kami merumuskan brand pilars. Brand pilars yang cocok untuk federal itu apa. Karena Federal Oil itu sendiri walaupun sekarang bagian dari perusahaan global, namun asal usulnya adalah merek Indonesia.” jelas Patrick.

Sehingga dari hasil survei, diskusi, pematangan dari brand pilars yang dilakukan oleh tim pemasaran di Federal Oil, dirumuskan ada 4 pilar yang cocok sebagai brand pilars untuk Federal Oil. Keempat pilar ini yakni Federal Oil Easy To Get, Easy To Deal With, Easy To get, Caring.

“Artinya kami peduli dengan stake holder kami mulai dari konsumen, mekanik, pemilik bengkel, distributor dan semua jaringan yang menjadi stakeholders kami.” ujarnya.

Setelah membangun brand pilars, langkah berikutnya adalah berupaya adaptif. Menurut Patrick hal ini sangat penting karena kita hidup di dunia yang selalu berubah. Saat ini perilaku konsumen berubah dan pasar pun berubah, maka pihaknya pun harus adaptif dengan dua hal ini.

Adapun upaya adaptasi yang dilakukan yaitu pemasaran digital. Di era pandemi Covid-19 Federal Oil meluncurkan Service Di Rumah Aja. Ini adalah program O2O (online to offline) dengan memanfaatkan platform booking ganti oli digital: ganti oli dilakukan di rumah pelanggan bekerjasama dengan mitra bengkel. Selain program tersebut, tahun ini mereka juga fokus pada inisiatif solusi pengalaman yang berbeda di setiap journey konsumen dalam merawat motornya. Salah satu inovasinya adalah integrated consumer program, yakni Sobek Berhadiah yang saat I ni telah diikuti jutaan konsumennya.

Yang tak kalah menarik, dalam menjalin engagement dengan konsumen di era pandemi Covid-19 ini Federal Oil menggelar kegiatan jarak jauh yaitu balap virtual berhadiah puluhan juta rupiah. Perhelatan ini sekaligus dalam rangka memeriahkan ajang Moto2 untuk masyarakat Indonesia.

Di tahun 2022 nanti mereka akan membuka diri untuk berkolaborasi dengan pakar dan ahli di bidang digital dalam mengeksekusi aneka rencana. Termasuk mensponsori Gresini TeamGresini Racing pada FOGM2 yang akan naik level ke MotoGP.

“Kolaborasi dengan ekosistem pada segmen pasar kami tentunya akan terus dikembangkan supaya lebih efektif lagi. Dengan keseluruhan strategi ini, kami optimis bisa terus memberikan kebanggaan bagi seluruh pengendara Indonesia,” ungkap Patrick.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)