Felicia Nugroho Pelopori Sertifikasi AMEC

Felicia Nugroho, Maverick Director Monitoring and Analytics

Industri public relations berkembang sangat pesat dalam satu dekade terakhir. Penggunaan PR Value atau Advertising Value Equivalents yang banyak digunakan banyak agensi PR saat ini sebagai alat ukur efektivitas program komunikasi dianggap tidak lagi sesuai. Penggunaan kerangka evaluasi terintegrasi kini sedang digaungkan di dunia.

Pimpinan Monitoring and Analytics Maverick Indonesia, Felicia Nugroho, menjadi orang Indonesia pertama yang menerima sertifikasi dari lembaga internasional dalam hal pengukuran dan evaluasi efektivitas program komunikasi.

Felicia menerima sertifikat dari International Association for the Measurement and Evaluation of Communications (AMEC) setelah melalui serangkaian program pelatihan selama 10 minggu untuk mempelajari praktik-praktik pengukuran dan evaluasi terbaik di dunia.

AMEC merupakan organisasi internasional terkemuka salam hal pengukuran dan evaluasi program-program komunikasi yang berbasis di London, Inggris. Organisasi ini patut diperhitungkan karena anggota-anggotanya merupakan pemimpin badan pemerintahan, perusahaan kehumasan dan komunikasi internasional.

“Mengukur dan mengevaluasi efektivitas dari program-program komunikasi memiliki tantangan tersendiri, apalagi di era digital di mana konten-konten komunikasi terbagi menjadi konten paid, owned, earned, dan shared,” ujar Partner Maverick Lita Soenardi.

Ia menambahkan, Maverick sangat serius dalam melakukan pengukuran dan pengevaluasian. Sertifikasi yang didapatkan Felicia memungkinkan pihaknya membantu klien mencari tahu hal-hal yang efektif dan tidak efektif dalam program-program komunikasi mereka.

“Maverick terus mendorong kliennya untuk meninggalkan PR Value (dikembangkan dari Advertising Value Equivalents) yang oleh pemain industri dirasakan sebagai tolok ukur yang tidak lagi tepat. Dengan kerangka kerja, pengetahuan, dan implementasi praktik-praktik yang didapat dari program sertifikasi AMEC, kini kami bisa dengan lebih efektif mendorong klien untuk mengukur hal-hal yang lebih yang lebih berarti,” jelas Felicia.

AMEC secara aktif berkampanye untuk menghentikan penggunaan penggunaan PR Value atau Advertising Value Equivalents sebagai alat ukur efektivitas program komunikasi. Sebaliknya, organisasi ini mengadvokasi penggunaan kerangka evaluasi terintegrasi yang dikenal juga dengan sebutan Integrated Evaluation Framework.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)